search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasca Erupsi Gunung Agung, Pariwisata Badung Perlahan Pulih
Senin, 26 Februari 2018, 10:05 WITA Follow
image

beritabalicom

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Badung. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung, Ida Bagus Oka Dirga di Mangupura, menyatakan, pasca menurunnya aktivitas vulkanik Gunung AGung di Karangasem, dunia pariwisata di Kabupaten Badung juga perlahan mulai pulih.
 
"Selama adanya erupsi Gunung Agung, dalam data resmi yang kami miliki, belum ada karyawan hotel yang sampai di PHK, tapi yang dirumahkan itu ada," ujarnya, di Badung belum lama ini.
 
Lebih lanjut Oka Dirga menambahkan, saat erupsi Gunung Agung, tingkat hunian hotel yang ada di wilayah Kabupaten Badung sempat tercatat di bawah 20 persen. Padahal saat kondisi normal angka tingkat hunia antara 60 hingga 80 persen.
 
"Saat ini sudah mulai naik hingga 40 persen, belum normal sepenuhnya," ujarnya.
 
Terkait penurunan tingkat hunian hotel saat erupsi Gunung Agung, Oka mengakui banyak karyawan hotel yang dirumahkan. Namun ia mengaku tidak memiliki data resmi dan pasti karena banyak pengusaha yang tidak melapor secara resmi. 
 
"Dirumahkan atas kesepakatan pengusaha dan pekerja, tidak sampai di PHK (pemutusan hubungan kerja). Pekerja punya hak. Tetap dipekerjakan atau dirumahkan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi ketika ada masalah harus ada persetujuan antara kedua pihak,"ujarnya.
 
Berdasar data yang ada, saat ini terdapat 69.000 pekerja pariwisata di wilayah Kabupaten Badung. Dari jumlah itu sebanyak 39.000 sudah bersertifikasi di bidang masing-masing.[bbn/rls/psk]

Reporter: bbn/psk



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami