search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Denpasar Inflasi Sebesar 0,15% pada Maret 2018
Senin, 2 April 2018, 15:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com.Denpasar, Denpasar tercatat mengalami inflasi sebesar 0,15% dengan indeks harga konsumen sebesar 129,40 pada bulan Maret 2018, sehingga tingkat inflasi tahun kalender tercatat sebesar 1,75% dan tingkat inflasi dari tahun ke tahun pada bulan yang sama (yoy) sebesar 3,23%.
 
[pilihan-redaksi]
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Bali Adi Nugroho mengatakan dalam keterangannya kelompok komoditas yang mengalami inflasi sebesar 1,12% adalah kelompok kesehatan. selanjutnya kelompok sandang tercatat inflasi sebesar 0,67%, kelompok bahan makanan sebesar 0,38%; serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga tercatat sebesar 0,08%.
 
Sedangkan kelompok yang tercatat mengalami penurunan indeks atau deflasi adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,12%, kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,05%; serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,03%.
 
[pilihan-redaksi2]
Komoditas yang tercatat memberikan andil atau sumbangan inflasi pada Maret 2018 antara lain bawang merah, cabe rawit, bawang putih, minyak goreng dan bensin non subsidi. sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga antara lain tarif angkutan udara, pasir, beras dan daging ayam ras.
 
Menurutnya inflasi Maret 2018 dipengaruhi oleh naiknya sejumlah harga komoditas seperti bumbu-bumbuan yang memberikan andil terhaap inflasi sebesar 0,16%. Kemudian disusul oleh komoditas sayur-sayuran sebesar 0,05%, perawatan jasmani dan kosmetik sebesar 0,05%, lemak dan minyak sebesar 0,03% dan buah-buahan sebesar 0,016%. (bbn/rob)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami