search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kunci Startup Sukses Jaman Now Ala Founder Bukalapak
Minggu, 13 Mei 2018, 06:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com.Badung, Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, Rabu (9/5) disela acara The 1st Next Indonesia Unicorn (NextICorn) International Summit yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Nusa Dua, Badung mengatakan pentingnya startup untuk mampu bertahan dan bahkan menjadi Unicorn buat yang baru untuk memiliki misi dan tujuan yang kuat.
 
[pilihan-redaksi]
"Harus punya sense of purpose. Bikin yang baru agar jangan tertinggal. Bikin startup bukan soal uang saja. Kalau soal uang, mending dilupakan saja itu," ujarnya.
 
Dilanjutkan, mendirikan startup teknologi bisa diibaratkan masuk ke hutan rimba dengan medan yang belum diketahui pasti yang juga jalan masuknya bisa dikatakan berliku-liku dan terjal.
 
"Tentu akan sangat beda dengan bekerja di dalam perusahaan dengan jalan yang stabil. Tapi, kalau buat startup jalannya beda, sangat terjal yang mana, naik turunnya juga cepat," jelasnya.
 
Dikatakan ketika ada misi kuat yang menggerakkan startup sejak awal maka, seberat apapun tantangan, para pendiri atau founder bersama tim. Untuk tetap akan komitmen menuntaskan misi sampai tercapai. Tidak menyerah di tengah jalan.
 
[pilihan-redaksi2]
"Agar dapat bertahan maka, kita harus punya sense of purpose atau mission. Jadi ada tujuan kuat kenapa buat startup. Misi dan tujuan yang kuat itu juga menjadi salah satu kunci sukses Bukalapak menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dan menyandang gelar unicorn atau startup teknologi yang memiliki valuasi di atas 13 triliun rupiah," paparnya.
 
Dalam kesempatan tersebut menghimbau, agar para startup yang sudah menyandang gelar unicorn nanti jangan sampai lupa dengan misi di awal. Menjadi unicorn atau tidak, jangan sampai menjadi terbuai.
 
"Kalau ada misi yang kuat otomatis saat kondisi turun tetap semangat serta pas naik juga tidak terlalu lebay. Misal, langsung beli mobil mewah. Karena itu bukanlah merupakan tujuan kita. Akan tetapi, tujuan kita membuat startup adalah sesuatu yang lebih besar daripada diri kita," cetusnya. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami