search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pelaku Usaha Perlu Ikuti Perkembangan Ekonomi Digital
Selasa, 12 Juni 2018, 10:05 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com,Denpasar. Perkembangan ekonomi digital perlu diikuti di era digital oleh pelaku usaha, dan SDM di Bali. Jika tidak maka, sebuah usaha tidak akan mampu berkembang serta cenderung semakin tertinggal jauh dengan para kompetitor di tengah ketatnya persaingan ekonomi dewasa ini.
 
[pilihan-redaksi]
Ketua Umum Ikatan Senior HIPMI Indonesia (ISHI) Bali Gde Sumarjaya Linggih mengatakan era persaingan ketat di Bali sudah mulai terlihat melalui digital ekonomi. Untuk itu, ia menegaskan jika saat ini masih secara berpikir konvensional, belum melakukan inovasi, tidak melakukan ekonomi berbagi, serta tidak memanfaatkan basis internet. Maka, kata dia hal ini bisa disebut ketertinggalan, atau kita bisa juga dikatakan asing. 
 
Menurut dirinya, jika dilihat dulu berbicara globalisasi akan tetapi, saat ini sudah berbicara Deglobalisasi. Meski demikian, tetapi tetap memiliki konten lokalnya. Atau, kata dia dulunya melakukan secara konvensional tetapi saat ini tidak mampu memprediksi terhadap  kondisi yang terjadi. Selain itu dia melanjutkan, SDM di Bali juga meski dibekali pengetahuan mumpuni terutama, terkait digital teknologi tersebut.
 
"SDM di Bali, harus benar-benar paham dalam memprediksi masa depan khususnya, terkait dengan digital teknologi. Seperti misalnya, yang menggunakan tenaga manusia akan semakin menurun jumlahnya, rutinitasnya nanti juga akan dikerjakan oleh robotik. Maka dari itulah, semua sangat perlu diantisipasi mulai saat ini," paparnya.
 
Dikatakan selain beberapa hal tersebut, perlu juga diketahui seperti, mengetahui pandagan lebih luas lagi dalam menghadapi persaingan di era digital ekonomi khususnya bagi pelaku usaha maupun SDM di Bali. Ia menambahkan, dengan demikian, maka pelaku usaha kita akan mendapat cara untuk mengatisipasinya. (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami