search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
BPBD Bangun Jalan Darurat untuk Akses Keluar Warga Bukit Galah
Sabtu, 1 Desember 2018, 12:03 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com,Karangasem. Setelah puluhan Kepala Keluarga warga Desa Adat Bukit Galah sempat terisolir akibat dua akses jalan keluar Desa amblas diterjang banjir pada Kamis (29/11) sore.  
 
[pilihan-redaksi]
Tim BPBD Provinsi Bali dan Kabupaten Karangasem bersama sejumlah relawan dan warga bergotong royong membuat jalan darurat.  Akses tersebut sebelumnya sempat diperbaiki pada bulan September 2018 dengan cara diurug dan dipasang buis dengan tujuan jika terjadi aliran bakalan bisa mengurangi tekanan agar jalan tidak tergerus kembali. 
 
Namun karena debit air yang terlalu besar, pondasi gorong-gorong tidak kuat menahan hingga akhirnya jebol dan hanyut terbawa derasnya aliran. Untuk membuka akses kembali, BPBD dibantu Relawan Pasebaya, Rafi dan warga setempat pagi ini langsung membangun jalan darurat menggunakan kayu agar kebutuhan logistik warga tetap terhubung.
 
Sementara itu, Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengaku tidak bisa memastikan bertahan berapa lama jembatan darurat tersebut, tetapi ia menyebutkan jika tidak ada senderan dan hujan lebat terus-menerus maka jembatan darurat tidak akan bertahan lama.
 
"Untuk itu, tadi kita sudah himbau melalui Kepala Dusun dan Bendesa Adat agar warganya dilarang nyebrang ketika turun hujan atau ada aliran banjir," ujarnya.
 
Pihaknya juga masih melihat kondisi jembatan selanjutnya, jika memang jembatan tidak kuat dan kembali jebol dengan kerusakanlebih besar dari sebelumnya, maka ia akan dipertimbangkan untuk mengambil langkah - langkah selanjutnya dan berkordinasi demgan pimpinan. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami