search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dipuji Giri Prasta, Sunartha Dinilai Paling Layak Pimpin Desa Adat Sangeh
Sabtu, 29 Desember 2018, 15:30 WITA Follow
image

Calon Bendesa Adat Sangeh, Ida Bagus Sunartha, S.Sos. (tengah)

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com,Badung. Jelang Pemilihan Bendesa Adat Sangeh periode 2019-2024 pada Minggu (30/12/2018), muncul berbagai harapan dari berbagai lapisan masyarakat setempat. 
 
[pilihan-redaksi]
Pemilihan pucuk pimpinan di salah satu desa adat di Kecamatan Abiansemal, Badung di penghujung tahun ini diharapkan mampu melahirkan bendesa yang memahami segala potensi yang terdapat di wilayahnya. Selanjutnya digunakan secara  optimal untuk pembangunan potensi ekonomi serta sumber daya masyarakat di Desa Sangeh. Yang istimewa dalam pemilihan kali ini dengan hadirnya calon bendesa yang didukung penuh Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yakni Ida Bagus Sunartha, S.Sos.
 
 
Ida Bagus Sunartha merupakan calon bendesa yang memiliki rekam jejak di bidang pariwisata sehingga dinilai sangat tepat memimpin desa adat yang kini telah menjadi salah satu Desa Tujuan Wisata (DTW) di Kabupaten Badung itu. Anggota DPRD Kabupaten Badung dua periode ini oleh Ketua LPD Desa Adat Sangeh I Nyoman Agus Aryadi menilai sosok Ida Bagus Sunartha sebagai sosok yang paling tepat memimpin Desa Adat Sangeh.  Bahkan menurut dia penilai serupa juga sempat dilontarkan orang nomor satu di Badung. 
 
Dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dan sejumlah tokoh setempat ditambah orang nomor satu di Badung akan melahirkan sinergisitas untuk mengangkat segala potensi yang ada di Desa Sangeh. Mulai dari sisi SDM maupun sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Sangeh sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Bali.
 
Selain itu, diharapkan dengan terpilihnya Ida Bagus Sunartha nantinya akan mampu menghantarkan eksistenai desa adat sebagai benteng terakhir menjaga keajegan seni, budaya dan agama Hindu di Bali utamanya Desa Adat Sangeh. Menurutnya, masuk sebagai destinasi terbaik di Bumi Keris pemimpin adat di Desa Sangeh dituntut harus mampu menjembatani generasi muda dalam upaya optimalisasi diri dan sumber daya yang dimiliki desa adat. 
 
 
Maka itu pengalaman Ida Bagus Sunartha hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai wakil rakyat dua periode mewakili masyarakat Kecamayan Abiansemal yang kini hadir sebagai calon bendesa diharapkan semakin fokus dan tepat sasaran mengawal pembangunan sesuai konsep Tri Hita Karana. 
 
"Harapan ke depan dengan memimpinnya beliau bisa di jalur birokrasi dengan tingkat atas dan ada di bawah memimpin desa adat. Bagaimana pararem-pararem desa adat tidak menyulitkan masyarakat dan terutama generasi muda menjadi cinta dengan desa adat sebagai benteng terakhir mempertahankan tradisi di desa adat," terang  Agus Aryadi.
 
Agus Aryadi menambahkan dengan visi "Membangun Desa Wisata Sangeh Bertaraf Internasional", Ida Bagus Sunartha sudah menunjukkan komitmen untuk melakukan terobosan besar bagi desa adat salah satunya dengan rencana digelarnya Festival Sangeh di tahun 2019 bila dipercaya masyarakat memimpin Desa Adat Sangeh. 
 
[pilihan-redaksi2]
Pembangunan di Desa Sangeh selama ini dinilai sudah cukup baik namun semakin kompleksnya permasalahan dan tantangan menjadi catatan khusus agar Desa Adat  Sangeh ke depan harus dipimpin sosok yang tepat dan paham kebutuhan masyarakat. Hal itu dikuatkan pernyataan dukungan dari Bupati Badung Giri Prasta pada ulang tahun STT Sari Guna, Banjar Batu Sari yang mengharapkan masyarakat Sangeh mendukung penuh Ida Bagus Sunartha. 
 
Inilah yang menguatkan tekad dan harapan masyarakat tidak terkecuali bagi Agus Aryadi untuk memiliki bendesa adat yang mampu bersinergi dan menjalin komunikasi dengan pucuk pimpinan sehingga arah pembangunan di Desa Sangeh mampu diwujudkan dengan baik. 
 
"Jadi dengan pengalaman beliau yang sudah banyak itu, bapak bupati mendukung sepenuhnya dan kita pun sebagai masyarakat berharap banyak beliau bisa memimpin Sangeh ini ke arah yang lebih baik maju dan tentram," tutup Agus Aryadi. (bbn/adv/rob)

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami