search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menkes Berharap Rumah Berdaya Jadi Solusi Penanganan ODGJ
Rabu, 24 April 2019, 15:45 WITA Follow
image

Beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek berharap Rumah Berdaya milik Pemerintah Kota Denpasar dapat menjadi solusi dalam penanganan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Rumah Berdaya juga diharapkan dapat  menjadi inspirasi bagi daerah lainnya dalam menangani warganya yg mengalami gangguan kejiwaan.

‘Mengingat kita dulu hanya memperhatikan orang normal sehingga yang mengalami  gangguan kejiwaan  seperti ‘’terbuang’’, bahkan dulu ada warga yang memasung anggota keluarganya yang mengalami gangguan kejiwaan. Selain itu ada juga yang memasukkan ke Rumah Sakit Jiwa namun setelah itu diputus sebelum sembuh benar,’’ kata F. Moeloek saat berkunjung ke Posyandu Mandala Kumara dan Rumah Berdaya Kota Denpasar Rabu (24/4)..

Menteri Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada kreativitas Posyandu Mandala Kumara yang mengelola daun kelor menjadi jeli, nugget, es cream dan sayur bening. Langka ini dinilai bagus dilakukan mengingat di Indonesia banyak yang kekurangan gizi padahal Indonesia sangat kaya raya  dengan tumbuh-tumbuhan, bahkan di jalan banyak tumbuh-tumbuhan kelor.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar sekaligus Ketua K3S Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya Mantra berharap dengan Rumah Berdaya orang yang mengalami gangguan kejiwaan bisa lebih beraktivitas dan berinovasi serta mandiri lagi dalam menjalani kehidupannya. Sehingga tidak menjadi beban untuk keluarga mereka. ‘’Jadi mereka bisa menghasilkan dan produktif karena kegiatan disini sangat banyak dan dapat mengilangkan setres dan kepengatan, ini juga sebagai tempat terapi penyembuhan” jelas Selly Dharmawijaya Mantra.[bbn/HumasDenpasar/mul]

Reporter: Humas Denpasar



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami