search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Koperasi Pegawai UNUD Jalin Kerja Sama dengan Balijek
Senin, 27 Mei 2019, 08:38 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Di tengah isu kisruhnya transportasi konvensional dan online belakangan ini, muncul aplikasi Balijek yang merupakan gabungan transportasi dan belanja online karya putra Bali. 
 
[pilihan-redaksi]
Fridayana Yudiaatmaja, yang biasa akrab dipanggil Ferry adalah salah satu pendiri Balijek, menyatakan bahwa kemajuan teknologi yang bertujuan untuk mempermudah cara kita menjalani hibup memang tidak bisa dihindari. 
 
Ferry, yang saat ini juga sebagai mahasiswa Unud sekaligus seorang dosen Undiksha menambahkan bahwa Balijek tidak serta merta menjadi pesaing para driver konvensional, karena menyasar pelanggan lokal (Business to Consumer). Hal ini dapat dilihat pada proses registrasi, aplikasi ini menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak dimiliki oleh turis asing yang sedang berkunjung ke Bali. 
 
Jadi pasar untuk para driver angkutan sewa khusus tetap ada, terlebih lagi zona operasional akan diatur oleh pemerintah daerah. Balijek, yang para drivernya hanya berplat DK juga tidak serta merta head-to-head dengan transportasi online yang sudah besar karena Balijek menggarap pasar yang tidak menjadi perhatian pesaing lainnya.
 
Kehadiran Balijek diharapkan tidak banyak berbenturan dengan para pemain baik itu transportasi konvensional maupun online yang sudah ada dan sudah saatnya tumbuh berkembang menjadi mitra layanan transportasi dan belanja online khusus untuk masyarakat Bali. 
 
Keinginan Balijek untuk dapat bekerjasama dengan berbagai potensi lokal (Koperasi, Bumdes, UMKM) terutama dalam program revitalisasi koperasi telah disambut baik oleh KPN Unud dengan difasilitasi oleh Dr. Agus Dharma yang merupakan anggota KPN sekaligus dosen di Fakultas Teknik Unud. KPN Unud merupakan koperasi pegawai negeri dengan jumlah anggota sebanyak 2.188. 
 
[pilihan-redaksi2]
Tim Pengawas dan pengurus KPN Unud sepakat bahwa dengan menampilkan produk-produk koperasi pada marketplace (tempat belanja online) diharapkan nantinya akan meningkatkan partisipasi anggota untuk berbelanja di koperasinya.
 
Hal ini dapat terjadi karena proses pembelian barang sangat mudah. Pembeli setelah menjalankan aplikasi Balijek User, melalui fitur BaliMarket untuk berbelanja, kemudian barang belanja oleh driver koperasi/Balijek bisa langsung diantar ke rumah jadi pembeli tidak perlu repot datang ke koperasi. 
 
Metode pembayaran yaitu dengan cash on delivery (COD) atau dibayar saat barang diterima, juga bisa dengan cicilan. Koperasi tidak perlu investasi untuk menyediakan aplikasi, akan tetapi cukup menggunakan aplikasi Balijek yang sudah ada.
 
Oleh karena itu, KPN Unud tidak ragu lagi menjalin kerjasama atau bersinergi dengan Balijek. Terlebih lagi Balijek merupakan karya putra daerah (bukan aplikasi pesanan) yang semestinya diberikan ruang sehingga ekonomi kreatif digital di Bali dapat tumbuh dan berkembang. (bbn/rls/adv)

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami