search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
FGD Arak Bali (1): Arak Bali Berkualitas Tapi Terkendala Legalitas
Jumat, 19 Juli 2019, 09:28 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Bali, Wayan suamba mengatakan, perkembangan arak Bali selama ini terkendala masalah legalitas karena masuk dalam kategori minuman beralkohol yang tercantum dalam Perpres yang mengatur Daftar Negatif Investasi yakni dalam Perpres 44 tahun 2016. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal ini terungkap dalam diskusi Focus Group Discussion (FGD) tentang arak Bali di Gedung Wiswa Sabha, Renon, Kamis (18/7). Lebih lanjut dikatakan, Gubernur sudah berkirim surat ke Menko Perekonomian, supaya arak bali ini dikecualikan dari daftar negatif investasi sehingga para petani arak Bali khususnya di Karangasem ini bisa berusaha, karena 5 kecamatan di karangasem itu memproduksi arak Bali
 
Kondisi ini, menurutnya ironis karena Bali banyak membutuhkan minuman beralkohol, namun sayang sekarang masih banyak minuman alkohol impor. Padahal, kata dia, Bali punya banyak arak Bali. "Kenapa tidak kita yang mensuplai, karena ini juga warisan budaya dan kearifan lokal, kalau kualitas kita cukup bagus tapi masalahnya ada di legalitas," tandasnya. 
 
Pihanya mengharapkan di Kementerian Perekonomian dan Perindustrian agar arak Bali ini bisa dikeluarkan dari daftar negatif investasi dan hal ini sudah dirapatkan di Kementerian Perekonomian. "Kita masih menunggu, kami sudah dua kali rapat di Kementerian Perekonomian dan Perindustrian, nanti Kementerian terkait yang akan membahas apakah akan ada perubahan perpres," pungkasnya. (bbn/timred)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami