search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Revolusi Industri 4.0, Tantangan Sekaligus Peluang Bagi Humas
Selasa, 30 Juli 2019, 10:07 WITA Follow
image

beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Era revolusi industri 4.0 dikenal sebagai era disrupsi, menimbulkan kekhawatiran terhadap kalangan humas yang belum siap menghadapi era 4.0. Namun hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang dan kesempatan.
 
[pilihan-redaksi]
Humas harus berpikir progresif, mampu bertransformasi, bekerja keras dalam meningkatkan kompetensi dalam teknologi dan non teknologi.
 
Hal ini disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster, dalam sambutannya pada acara seminar dan workshop Humas 4.0 Dalam Menyukseskan Nangun Sat Kerthi Loka Bali Bali yang digelar Beritabali.com di Denpasar, Selasa (30/7/2019).
 
Menurut Koster, dalam sambutan yang dibacakan Kadis Kominfo Provinsi Bali Nyoman Sujaya, dalam memasuki kemajuan global dan teknologi di era revolusi industri 4.0 berbagai kalangan profesi mesti berbenah diri dan meningkatkan kemampuan diri. Diantaranya profesi bidang kehumasan. Dunia kehumasan saat ini berubah dengan sangat cepat. Menjadi seorang humas tidak cukup hanya mampu membuat rilis, membuat konferensi pers, tetapi humas harus paham bisnis model yang sedang berkembang, regulasi, pendanaan, tren pasar, dan hal penting lainnya.
 
"Pembangunan "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" memiliki makna membangun masyarakat Bali dalam konteks  menjaga keseimbangan alam, masyarakat dan budaya, sebagai jati diri masyarakat Bali. Secara umum didalamnya termasuk juga pembangunan sumber daya manusia yang berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi informasi," ujarnya. 
 
Sejalan dengan hal tersebut,peran humas utamanya di era insdustri 4.0 dirasa penting, dimana teknologi digital menjadi sangat berkembang dalam tempo cepat bahkan di luar ekspektasi. Oleh sebab itu peran humas atau hubungan masyarakat juga sangat diperlukan dalam rangka menangkal kabar hoax dan mampu meliterasi masyarakat untuk cerdas menggunakan kemajuan teknologi di era 4.0.
 
[pilihan-redaksi2]
 
 
Humas juga berperan untuk mempublikasikan informasi pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan cepat, tepat, akurat dengan teknologi informasi 4.0.
 
Keberhasilan  pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak akan ada artinya jika tidak mampu dicitrakan dengan baik oleh humas. Peran humas sangat sentral apalagi menghadapi hoax dan harus mengedepankan cara yang baik dan penuh sopan santun.
 
"Humas kini menjadi bagian penting dalam kehidupan. Peran humas dinilai sangat strategis dalam memainkan opini di depan publik. Menghadapi kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0 berbagai kalangan profesi harus berbenah diri dan meningkatkan kemampuan diri termasuk profesi bidang kehumasan," tegas Koster. [bbn/rls/psk]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami