search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemandian Dauh Dalem Rendang Karangasem Airnya Dingin dan Jernih
Jumat, 13 September 2019, 11:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Di wilayah Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, tepatnya di Banjar Muku terdapat sebuah saluran irigasi yang berukuran cukup luas menyerupai kolam renang dengan air yang sangat jernih bersumber dari Tukad Arca.

Lokasinya persis berada dibelakang SMA Negeri 1 Rendang, warga setempat menyebut tempat ini dengan nama Pemandian Dauh Dalem, mungkin karena lokasinya berada di sebelah barat Pura Dalem. Namun, di luar Kecamatan Rendang pemandian ini justru banyak dikenal dengan sebutan Debit.

Pemandian Dauh Dalem ini memiliki lebar sekitar 10 dan panjang 40 meteran dengan kedalaman air sekitar 1,5 meter. Airnya sangat dingin dan jernih, ditambah lokasi pemandian yang berada di kawasan yang masih benar-benar asri menyatu dengan alam sehingga menjadikan tempat ini salah satu tempat sempurna untuk melepas penat setelah berkutat dalam rutinitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, tidaklah heran jika Pemandian Dauh Dalem ini tak pernah sepi pengunjung terutama pada saat hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung yang datang tidak hanya warga lokal atau warga Karangasem saja, banyak juga pengunjung dari wilayah Denpasar yang datang ke Pemandian Dauh Dalem ini.

Menurut Kepala Wilayah Dusun Muku, Desa Rendang, Karangasem, I Made Sudiarta, kebanyakan pengunjung yang datang ke Pemandian Dauh Dalem ini dari luar Kabupaten Karangasem, kebanyakan mereka mengetahui keberadaan Pemandian tersebut dari mulut ke mulut dan media sosial.

"Beberapa waktu lalu, ada rombongan anak muda ngaku dari Denpasar bertanya di depan rumah jalan menuju pemandian ini, mereka ngakunya tahu dari media sosial," tutur Sudiarta beberapa waktu lalu.

Bagi yang ingin datang ke pemandian ini, dianjurkan agar memilih waktu yang tepat seperti misalnya ketika cuaca cerah karena suhu airnya cukup dingin.

Tak lupa juga direkomendasikan untuk menyiapkan bekal seperti makanan atau camilan karena dari lokasi Pemandian tidak ada warung atau pedagang. Yang perlu diingat adalah untuk membawa kembali sampah demi terjaganya keasrian Pemandian Dauh Dalem ini.

Reporter: bbn/dmp



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami