search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perbankan Didesak Beri Keringanan Karyawan Hotel Tidak Bayar Pokok dan Bunga Setahun
Jumat, 20 Maret 2020, 14:40 WITA Follow
image

bbn/mediakonsumen.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Ketua DPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya mendesak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan memberi keringanan untuk tidak membayar pokok dan bunga angsuran di bank sampai setahun untuk karyawan hotel dan tenaga lain yang bergerak di sektor pariwisata.

[pilihan-redaksi]
Sedangkan, untuk pengusaha hotel diberi keringanan untuk tidak bayar pokok namun hanya membayar bunga yang bisa dinegosiasi. Hal ini mengingat saat ini terkait dampak dari corona di sektor pariwisata membuat pihak perusahaaan seperti hotel untuk sebagian merumahkan atau masuk bergantian setengah bulan untuk melakukan efisiensi karena penurunan kunjungan wisatawan.

"kami mengimbau pihak hotel untuk membayar gaji pokok karyawan karena mereka punya tanggungan keluarga, kredit bank atau kendaraan dan mempertimbangkan untuk tidak melakukan PHK," ungkapnya saat jumpa pers di rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Kamis (19/3/2020) di Denpasar.

Ia sangat tidak mengharapkan opsi PHK dilakukan karena akan sangat berdampak sosial yang luar biasa pada karyawan dan keluarganya.

Terkait upaya pencegahan virus corona, ia mengimbau anggota PHRI untuk memantau tamu yang datang dengan alat pengukur suhu atau Thermogun, kedua mencuci tangan dengan hand sanitizer, menjaga kebersihan lingkungan, dan koordinasi dengan suluruh staf untuk efisiensi karena diprediksi selama 3 bulan ini akan sangat berdampak bagi pengusaha hotel di Bali. 
  

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami