search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hujan Sehari, Gianyar Dikepung Bencana
Sabtu, 10 Oktober 2020, 18:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Hujan deras mengguyur wilayah Gianyar, Sabtu (10/10) sejak dini hari mengakibatkan sejumlah bencana tanah longsor dan pohon tumbang. Seperti terjadi di Desa Keliki, Kecamatan Tegallalang. 

Sebuah pohon Aren tumbang menutup akses lalu lintas. Selain itu, terjadi peristiwa tanah longsor menutup jalan raya Pejengaji menuju Desa Keliki. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun akses lalu lintas sempat terhambat. Bahkan sejumlah pengendara harus putar balik mencari jalan alternatif.

Plt Kepala BPBD Gianyar Ngakan Dharma Jati saat dikonfirmasi membenarkan adanya bencana tersebut. Dikatakan petugas sudah diluncurkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi. 

"Petugas sudah meluncur untuk melakukan evakuasi di lokasi bencana," jelasnya.

Ngakan Dharma Jati pun mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi bencana ditengah cuaca extrem. Khususnya di daerah Gianyar Utara meliputi Kecamatan Payangan, Tegallalang dan Tampaksiring yang tekstur tanahnya rawan longsor dan pohon tumbang. 

"Tetap waspada dan segera laporkan bila terjadi bencana," ujarnya.

Salah satu warga pemilik pohon Aren yang tumbang, Ida Ayu Sudewi mengatakan tumbangnya pohon diketahui sekitar pukul 08.27 WITA. Saat itu, hujan masih mengguyur deras. 
"Pohon Aren tumbang sempat menutup jalan. Meski hujan, evakuasi dilakukan segera supaya tidak terjadi kemacetan lalu lintas," jelasnya.

Berdasarkan catatan BPBD, kejadian bencana alam yang terjadi di Kabupaten Gianyar pada hari Sabtu (10/10) ini tercatat terjadi tanah longsor di Banjar Pejeng Aji, Desa/Kecamatan Tegallalang; pohon tumbang di Banjar Kelusa, Kecamatan Payangan; tanah longsor di Banjar Tegal Saet Tampaksiring; tanah longsor di Banjar Mantring Tampaksiring; tanah jebol di Banjar Sading. 

Kemudian terjadi longsor di Banjar Susut Desa Buahan Payangan, longsor dan pohon tumbang di Banjar Tiyingan Bukian Payangan, pohon bambu tumbang di Banjar Kawan Tampaksiring, tanah jebol di Banjar Bukit Tampaksiring, air meluap di Banjar Tengkulak Desa Kemenuh Sukawati, serta air meluap atau banjir yang menggenangi kawasan Pura Taman Baginda Desa Temesi Gianyar. 

"Sudah semua kita atensi, menerjunkan anggota dan peralatan ke lokasi untuk segera melakukan evakuasi," jelasnya.

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami