search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pria Asal Denpasar Nekat Mendaki Gunung Agung Seorang Diri
Rabu, 21 Oktober 2020, 22:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Aksi nekat mendaki Gunung Agung seorang diri dilakukan oleh seorang laki-laki asal Denpasar inisial NA pada Senin pagi (19/10/2020).

Informasi diperoleh, mulanya aktivitas mendaki dengan titik awal pendakian melalui jalur Pura Kiduling Kreteg, Desa Besakih tersebut berjalan lancar hingga sampai di puncak Gunung tertinggi di Bali tersebut. Bahkan saat tiba di puncak, ia juga dikatakan sempat menghubungi keluarganya. 

Hanya saja pada saat perjalanan turun, NA diduga mengalami kelelahan dan lemas hingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Pihak keluarga kemudian mendapatkan informasi tentang kondisi NA sampai akhirnya laporan  masuk ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali).

"Kami terima laporan permintaan untuk bantuan evakuasi tadi pukul 13.20 WITA dari BPBD," terang Kepala Kantor Basarnas Bali, I Gede Darmada dalam rilis yang diterima media ini.

Sementara itu usai dilaporkan, sebanyak 9 orang personil dari Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem meluncur dan tiba di titik pendakian sekitar pukul 14.40 WITA langsung berkoordinasi dengan aparat setempat beserta unsur SAR lainnya sebelum melakukan pencarian. 

Lokasi target sendiri perkirakan berada pada koordinat 8°21'50.02"S - 115°28'13.79"E yakni diketinggian 1469 Mdpl dengan jarak perkiraan kurang lebih 1,7 KM.

Proses pencarian hingga target berhasil dievakuasi berlangsung hingga dua jam lamanya, hingga sekitar pukul 16.07 WITA, target berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan langsung diserahkan kepada pihak keluarga setelah berhasil dievakuasi.

Apa yang dialami oleh NA ini hendaknya dijadikan sebagai pelajaran, Darmada mengimbau kepada masyarakat agar memahami prosedur pendakian di Gunung sehingga tidak membahayakan keselamatan diri.

Jika melakukan aktivitas pendakian hendaknya dilakukan bersama-sama dan bukan perorangan disamping harus siap dengan berbagai kemungkinan agar juga dipersiapkan perbekalan yang cukup dan kelengkapan medis.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami