search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Calon Wirausaha Muda Minati Pelatihan Meracik Kopi
Sabtu, 21 November 2020, 16:40 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Anggota Komisi VI DPR-RI Nyoman Parta bersama Kementerian Perindustrian RI menggelar acara pelatihan atau Bimbingan Teknis (Bimtek) Wira Usaha Baru (WUB) Industri Kecil Menengah (IKM) di Swan Villa, Blahbatuh, Gianyar, Sabtu (21/11). 

Bimtek ini digelar untuk mencetak dan membangkitkan semangat wirausaha baru di kalangan generasi muda Bali. Dalam kesempatan tersebut Parta merasa bersyukur program yang sudah pernah dilakukannya ini, ternyata bisa kembali diselengarakan meskipun di tengah Pandemi Covid-19. 

Sehingga, ia berharap para Pelaku IKM dan Calon Wirausaha Muda yang mengikuti kegiatan penumbuhan dan pengembangan WUB IKM ini mengikuti dengan serius. 

"Kita harus bangkit bersama, dan potensi anak-anak muda di industri kreatif harus diberikan dukungan dan difasilitasi," ungkapnya Politisi PDI Perjuangan asal Desa Guwang, Sukawati ini. 

Adapun Bimbingan Teknis WUB IKM ini terdiri atas pelatihan meracik kopi untuk selanjutnya menjadi barista, pelatihan Animasi, Konveksi, dan pelatihan olahan makanan ringan. Hal menarik para peserta yang mengikuti pelatihan IKM tersebut banyak yang memilih pelatihan meracik kopi yang lagi digandrungi oleh anak muda. 

"Ini menunjukan jiwa wirausaha itu sudah ada, tinggal bagaimana caranya mendorong agar konsisten dan mampu berkembang," ujarnya.

Nyoman Parta juga menekankan inovasi harus terus digali dan mencoba sehingga muncul hal-hal baru atau produk baru yang menarik minat masyarakat. Banyak yang bisa dikembangkan seperti kripik pelepah pisang atau kripik lainya. 

"Membuat kripik harus memenuhi standarisasi baik rasa, dan kemasan yg menarik, sehingga bisa meningkatkan nilai jual," ungkapnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Direktur IKM Pangan, Barang, dari Kayu dan Furniture Kementerian Perindustrian RI, Sri Yuniati, bahwa kegiatan ini untuk memberikan ruang dan peluang kepada masyarakat sehingga laju perekonomian harus bangkit. 

"Industri kreatif harus terus kita dukung, tentunya seperti kegiatan ini," ungkapnya. 

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Anggota DPR-RI, Nyoman Parta yang telah memfasilitasi bimbingan teknis IKM di Kabupaten Gianyar. 

"Ini sangat bermanfaat, meski masyarakat sedang terdampak pandemi, tapi harus tetap kreatif dan inovatif," ungkapnya. 

Salah satu peserta Bimtek, Sekar Gending Ulangun mengatakan sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini. 

"Saya sangat senang bisa turut serta, karena pelatihan ini bisa menjadi bekal pengembangan diri dan bisa menjadi peluang usaha kedepannya," ujarnya.

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami