search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Harga Cabai di Mataram Tembus Rp110 Ribu per Kg
Senin, 15 Maret 2021, 22:00 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/net

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, terus mengalami kenaikan. Sampai Sabtu (13/3), harga cabai Rp110 ribu per kilogram, dari Rp90.000 per kilogram pada Sabtu (6/3).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Amran M Amin mengatakan, kenaikan harga cabai saat ini masih dipicu oleh rendahnya persediaan.

"Kenaikan harga cabai kembali terjadi sejak awal pekan ini. Pekan lalu harga cabai hanya berkisar antara Rp85.000– Rp90.000 per kilogram," katanya, Senin (15/3).

Dikatakan, persediaan komoditas cabai yang berkurang saat ini disebabkan terjadinya perubahan cuaca. Hujan yang sering terjadi menyebabkan produksi komoditas pertanian cepat membusuk.

"Sementara Kota Mataram bukan sebagai daerah penghasil cabai, sehingga kita tidak bisa melakukan pengendalian," katanya.

Namun demikian, lanjut Amran, Pemkot Mataram sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB untuk berupaya menekan kenaikan salah satu kebutuhan pokok tersebut. 

Dari hasil koordinasi dengan Pemprov NTB, katanya, pihak provinsi sudah merencanakan untuk mendatangkan produksi cabai dari luar daerah, tapi kenaikan harga cabai terjadi secara nasional sehingga kebijakan tersebut belum bisa dilakukan.

"Selain itu, minimnya persediaan cabai saat ini dipengaruhi oleh lahan pertanian yang mulai berkurang. Informasi yang kita diterima, banyak lahan pertanian cabai khususnya di Lombok Timur beralih ke tanaman padi," katanya.

Kenaikan harga cabai yang terus menerus terjadi ini, menyulitkan pedagang di pasar tradisional untuk mengecernya kembali dalam ukuran yang lebih kecil.

"Biasanya masyarakat, membeli cabai hanya untuk memenuhi kebutuhanya dalam sehari,"  ujar Dayu, salah seorang pedagang bumbu di Pasar Karangjasi, Cilinaya Kota Mataram.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami