search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Galungan, Harga Cabai Mulai Turun di Tabanan
Rabu, 7 April 2021, 22:00 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Jelang Hari Raya Galungan beberapa harga bahan pokok makanan dari hasil perkebunan yakni cabai harganya sudah mulai menurun sejak Jumat 2 April. 

Sebelumnya harga cabai merah kecil kualitas I senilai Rp 110 ribu, saat ini senilai Rp 70 ribu. Artinya ada penurunan sebesar Rp 40 ribu. Hal ini disebabkan, pasokan cabai merah dari luar Bali khususnya Jawa kini sudah terpenuhi. 

Selain cabai merah kualitas I menurun, harga cabai kualitas II juga mengalami penurunan senilai Rp 35 ribu, jika sebelumnya Rp 100 ribu, kini sudah diangka Rp 65 ribu. Kemudian, bahan lainnya seperti bawang merah mengalami penurunan sebesar Rp 2 ribu. 

Sementara itu, harga daging ayam ras justru naik sebesar Rp 3 ribu, dari sebelumnya Rp 37 ribu menjadi Rp 40 ribu. Dan untuk bahan lainnya masih tergolong stabil.

"Dari pemantauan pasar, sebagian besar harga bahan makanan di pasaran stabil. Namun khusus untuk cabai sudah turun secara siginifikan," kata Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Tabanan, I Gusti Nyoman Arya Wardana, Rabu 7 April 2021. 

Menurut Arya Wardana, penurunan harga cabai ini disebabkan oleh pasokannya dari luar Bali seperti Jawa sudah mulai masuk ke Bali. Ia juga menyatakan, sesuai dengan komunikasi dengan para pedagang di pasar, penurunan harga ini tidak secara drastis nun secara bertahap.

"Jadi pasokan saat ini sudah mulai terpenuhi, sudah mulai masuk ke Bali. Kalau dulu kan mengandalkan di kita saja untuk pemenuhannya. Kemudian, penurunan harga ini tidak secara langsung namun bertahap. Menurut pedagang penurunannya sudah sejak Jumat pekan lalu," jelasnya. 

Arya Wardana melanjutkan, selain penurunan harga, juga terpantau ada kenaikan harga pada daging ayam ras. Pada daging ayam ras ini kenaikannya tidak sangat tinggi yakni Rp 3 ribu. 

"Kalau kenaikannya bahan makanan saat ini tidak terlalu tinggi. Contohnya pada daging ayam ras naik Rp 3 ribu. Sedangkan untuk harga lainnya masih terbilang normal atau stabil," ujarnya. 

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami