search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Bahan Alami Untuk Redakan Sakit Gigi
Sabtu, 17 Juli 2021, 16:15 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Bahan Alami Untuk Redakan Sakit Gigi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Mengalami masalah gigi selama pandemi memang dilematis karena tidak semua dokter gigi masih membuka praktek. Padahal, sakit gigi terasa sangat mengganggu. Tak cuma bikin susah makan, tapi juga pusing seharian.

Nah, dilansir dari Healthshots, ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa membantu meredakan sakit gigi. Berikut adalah lima pengobatan rumahan untuk meredakan sakit gigi.

Kunyit

Kunyit terkenal punya banyak khasiat penyembuhan. Bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menghilangkan rasa sakit jika terjadi infeksi. 

Tambahkan beberapa tetes air ke satu sendok teh bubuk kunyit untuk membuat pasta. Anda juga dapat mengoleskan langsung ke area yang terkena di mulut Anda dan diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas. 

Cengkeh

Cengkeh sudah dipakai sejak dahulu kala untuk mengobati sakit gigi karena punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi. 

Cengkeh mengandung eugenol, yakni senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami. Sifat-sifat ini membantu mematikan saraf di gigi dan memberi Anda kelegaan dari rasa sakit.

Masukkan cengkeh ke dalam mulut dan mengunyahnya untuk memastikan minyaknya keluar. Selain itu, Anda bisa merendam beberapa tetes minyak cengkeh dalam bola kapas, lalu mengoleskannya pada area yang sakit.

Kumur air garam

Kumur air garam hangat umumnya merupakan praktik kebersihan mulut yang baik. Kalau Anda sakit gigi dan gusi bengkak, berkumur dengan air garam hangat bisa membantu menghilangkan kotoran di rongga atau sela-sela gigi.

Cara ini juga bisa mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan.

Bawang putih

Bawang putih melepaskan senyawa antibakteri dan antimikroba yang dikenal sebagai allicin, cairan berminyak yang merupakan pejuang penyakit alami. Hal ini bisa dimanfaat untuk meredakan sakit gigi. 

Buat pasta dari bawang putih yang dihancurkan, lalu oleskan ke gigi. Anda juga bisa mengunyah sepotong siung bawang putih segar. 

Teh peppermint

Coba letakkan kantong teh peppermint dingin atau hangat di area yang sakit di mulut Anda. Ini akan membantu menenangkan gigi dan gusi yang sakit. 

Teh peppermint dianggap baik untuk sakit gigi karena sifatnya yang melawan bakteri. Selain itu, teh ini mengandung mentol yang membantu mengurangi rasa sakit.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami