search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini 8 Penyakit Terkait Sistem Pernapasan
Senin, 20 September 2021, 13:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Ini 8 Penyakit Terkait Sistem Pernapasan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Sistem pernapasan manusia juga rentan terkena penyakit tertentu. Bukan hanya sesak napas atau hidung tersumbat, penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan ternyata ada beberapa jenis.

Dikutip dari Ruang Guru, berikut delapan di antaranya penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.

1. Emfisema

Emfisema merupakan penyakit yang disebabkan karena alveolus kehilangan elastisitasnya. Kantong udara pada paru-paru juga akan mengalami kehancuran secara perlahan, sehingga membuat napas menjadi pendek-pendek. Emfisema disebabkan karena kebiasaan merokok, polusi udara, dan polusi asap rokok.

2. Kanker Paru-paru

Seperti kanker jenis lain, kanker paru-paru juga merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini disebabkan karena sel kanker yang tumbuh di paru-paru dan terus tumbuh tidak terkendali. Bila dibiarkan, sel kanker dapat menyerang bagian tubuh lain.

Kanker paru-paru juga dapat disebabkan karena kebiasaan buruk seperti merokok, menghirup asap kendaraan, minum minuman beralkohol, dan kebiasaan tidak sehat lainya.

3. Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru dan menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Karena ada bintil-bintil tersebut, proses difusi oksigen terganggu. Penderita TBC juga sering mengalami batuk darah.

4. Asma

Asma merupakan penyakit yang terjadi karena penyempitan saluran pernapasan. Penyebab penyempitan saluran pernapasan tersebut biasanya disebabkan alergi terhadap debu, pasir, bulu, serangga kecil, ataupun rambut.

Penyakit ini juga dapat muncul kembali jika suhu lingkungan terlalu dingin atau ketika penderitanya mengalami masalah psikologis. Jika tidak segera diberi penanganan, penderita dapat mengalami kematian akibat sesak napas.



5. Laringitis

Seseorang yang mengidap sakit laringitis akan alami peradangan pada laring atau pangkal tenggorokan karena infeksi bakteri, virus, maupun jamur.

6. Bronkhitis

Bronkhitis yaitu gangguan pada cabang trakea (bronkus) akibat infeksi. Penyakit ini akan menyebabkan penderita menghasilkan lendir yang menyumbat bronkus sehingga menimbulkan sesak napas.

7. Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Diplococcus pneumoniae, sehingga alveolus penderitanya akan terisi cairan.

8. Asfiksi

Asfiksi merupakan gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh. Asfiksi disebabkan karena hemoglobin (hB) darah mengikat komponen selain oksigen seperti karbon monoksida. Karena daya ikat hB lebih tinggi terhadap CO, maka CO akan lebih berpotensi untuk masuk ke dalam tubuh. CO sendiri banyak dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami