search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI Diputuskan Tingkat Tertinggi
Rabu, 22 Desember 2021, 22:30 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI Diputuskan Tingkat Tertinggi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Prosesi Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI akan dijadwalkan pada 21 Januari 2022 mendatang. 

Sebelumnya, pihak Puri Pemecutan akan melakukan prosesi nyiramin layon pada 2 Januari 2022. Jadwal itu disampaikan menantu tertua almarhum, Ida Bagus Wesnawa saat diwawancari Rabu (22/12/2021) petang. 

Dia mengatakan, prosesi pelebon akan digelar dengan tingkatan utama atau tertinggi dalam Hindu. "Tingkatan yang diambil Utamaning Utama, Nyawa Asti Wedana," ujarnya. 

Prosesi tersebut juga akan didukung oleh umat lain, salah satunya warga Kampung Bugis di Denpasar. Hal itu disampaikan Kepala Lingkungan Kampung Bugis, Muhadi yang ditemui saat melayat di Puri Pemecutan. Meski upacara digelar secara adat Bali, pihaknya siap mendukung agar kegiatan lancar. 

Dia menerangkan, selama ini hubungan kekerabatan antara Puri Pemecutan dan warga Kampung Bugis amat baik. Sang raja beberapa kali datang ke Kampung Bugis untuk bersilaturahmi. 

"Hubungan kami dengan Raja Badung sangat baik. Beliau sering ke sana. Jadi ini bentuk penghormatan terakhir kami kepada almarhum," ujarnya. 

Dia menilai sang raja sangat nasionalis. Sang raja selalu menyampaikan agar semua pihak ikut menjaga persatuan di Bali. Untuk itu ia berharap generasi penerus yang akan menggantikan beliau, dapat menjalin hubungan yang selama ini harmonis.

"Kami menunggu saja. Yang jelas, siapapun penggantinya, agar keharmonisan Raja Badung dengan warga Kampung Bugis di Bali ini dapat terjaga," pungkasnya. 

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami