search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bukan Tempat Biasa, Bajra Sandhi Renon Adalah Simbol Perjuangan
Kamis, 6 Januari 2022, 22:40 WITA Follow
image

bnn/Kompas.com/Bukan Tempat Biasa, Bajra Sandhi Renon Adalah Simbol Perjuangan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Monumen Bajra Sandhi yang terletak di Renon, Kota Denpasar adalah tempat yang kerap digunakan untuk olahraga. Lapangan berumput hijau yang mengelilingi monumen, sering digunakan untuk berbagai kegitan kebugaran fisik.

Tak banyak diketahui, Monumen Bajra Sandhi sebenarnya punya makna yang amat mendalam. Tempat ini dibangun untuk mengenang perjuangan melawan penjajah.

Monumen ini juga memiliki museum yang bernama Museum Bajra Sandhi. Total luas wialayah adalah 13,8 hektar dengan luas gedung 4900 meter. Bangunan bersejarah ini dirancang oleh Ir. Ida Gede pada tahun 1981. 

Pembangunan monumen mulai dilakukan pada tahun 1987 atas prakarsa mantan Gubernur Bali, Ida Bagus Mantra. Pada tanggal 14 Juni 2003, monumen baru diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Bangunan ini memiliki nuansa hindu yang cukup kental dengan sejumlah simbol yang dihadirkan. Selain itu juga nuansa kemerdekaan tergambar pada sejumlah sisi bangunan.

 Anak tangga yang berada di pintu utama monumen berjumlah 17. Tiang agung yang berada di bagian dalam monumen jumlahnya 8 yang memiliki ketinggian 45 meter. Angka-angka tersebut adalah tanggal kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami