search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Makan Buah Beri Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah
Senin, 10 Januari 2022, 08:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Makan Buah Beri Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Buah beri telah dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, karena mengandung antioksidan polifenol. Salah satunya bilberry, yakni buah beri yang mirip dengan blueberry. Sebuah studi menemukan bahwa bilberry itu meningkatkan kadar gula darah, yang mana lebih kuat pada mereka yang berusia lanjut atau menderita diabetes tipe 2.

Kajian itu juga mengidentifikasi perbaikan kadar kolesterol dan tekanan darah di antara orang yang menderita hipertensi dengan cara mengonsumsi buah beri tersebut, bilberry. Tinjauan sistemik yang diterbitkan dalam Journal Nutrients menemukan manfaat glukosa, kolesterol dan tekanan darah di antara orang-orang yang makan ekstrak bilberry.

Studi dari China juga memeriksa manfaat kesehatan jangka panjang. Para peneliti tidak mampu menjelaskan perbedaan antara kelompok populasi dengan variabel, seperti dosis atau usia.

Mereka juga mencatat bahwa ada lebih banyak variabel yang mungkin juga bertanggung jawab atas perubahan kadar kolesterol. Para peneliti mencatat bahwa bagaimana dan kapan Anda mengonsumsi buah beri akan memberikan manfaat kesehatan yang ditawarkan dari bilberry.

Jumlah dan kecepatan nutrisi yang diserap dari makanan, yang disebut bioavailabilitas bisa diubah dengan cara dikonsumsi. Para penulis mencatat satu contoh di mana bioavailabilitas nutrisi dalam stroberi berkurang ketika dikonsumsi bersamaan dengan sarapan atau makanan pagi.

Tapi, hasil yang lebih baik ditemukan ketika Anda makan stroberi sebelum atau sesudah makan berat dan mengonsumsinya dengan krim. Dalam studi mengenai bliberry tidak membahas tentang cara mengonsumsinya dan para peneliti juga tidak mengatakan cara mengonsumsi bilberry akan mempengaruhi manfaatnya.

"Perlu dipahami bahwa penelitian ini mengulas tentang komposisi metabolit fenolik dari ekstrak bilberry dan blackcurrant atau ekstrak biji anggur," jelas peneliti dikutip dari Express.

Informasi ini penting untuk menganalisis hubungan antara asupan bilberry dan efek kesehatannya. Mereka tidak mengatakan bahwa penelitian pada hewan dan laboratorium menunjukkan bilberry meningkatkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Para penderita diabetes tipe 2, hormon insulin menjadi kurang efektif dalam mengatur kadar gula darah. Studi juga telah dilakukan pada orang yang berisiko diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research menemukan bahwa orang yang berisiko tinggi terkena diabetes mengalami peningkatan gula darah saat mengonsumsi bilberry.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami