search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tips Menurunkan Tekanan Darah Dalam Waktu Singkat
Senin, 22 Agustus 2022, 15:37 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Tips Menurunkan Tekanan Darah Dalam Waktu Singkat

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tekanan darah mengacu pada jumlah tekanan darah pada mendorong dinding arteri ketika darah dipompa oleh janyung ke seluruh tubuh. Ketika tekanan naik, kondisi ini disebut dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan.

Tekanan darah juga bisa meningkat secara mendadak. Gejala naiknya tekanan darah mendadak bisa berupa vertigo, sakit kepala parah, sakit dada, peningkatan detak jantung secara tiba-tiba, penglihatan kabur, mimisan, kesulitan bernapas, dan telinga berdenging (tinnitus).

Seseorang harus mengetahui bagaimana cara mengelola tekanan darah, serta faktor apa yang dapat memicu kondisi tersebut. Tidak hanya itu, kita juga perlu tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi lonjakan tekanan darah secara tiba-tiba.

Dilansir The Health Site, berikut cara menurunkan tekanan darah secara cepat:

  • Rileks atau santai
  • Menjauh dari keramaian. Ketika merasa tekanan darah melonjak secara tiba-tiba, perdilah ke tempat yang hanya ada sedikit orang
  • Duduk
  • Pindah ke tempat dengan sirkulasi udara baik atau terdapat udara segar
  • Gunakan teknik pernapasan ekstensif untuk mengembalikan jantung ke tingkat normal
  • Minum air atau cairan
  • Biarkan tubuh beristirahat

Namun, cara tersebut hanya dipraktikkan untuk mengelola lonjakan tekanan darah mendadak. Jadi, jangan menganggapnya sebagai tindakan pengobatan.

Disarankan untuk segera menemui dokter bila tekanan darah tidak menurun atau terjadi dalam waktu lama.(sumber: suara.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami