search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Konten Kreator Kini Jadi Ladang Cuan Bagi Kalangan Milenial
Minggu, 11 September 2022, 01:58 WITA Follow
image

bbn/gramedia.com/Konten Kreator Kini Jadi Ladang Cuan Bagi Kalangan Milenial

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan kesempatan yang begitu luas agar menghasilkan pundi-pundi pengasilan bagi setiap kelompok masyarakat, begitu juga untuk kalangan milenial atau generasi Z.

Tak bisa dipungkiri kemajuan teknologi menjadi salah satu penyokong lahirnya lapangan kerja baru. Salah satu yang saat ini digandrungi masyarakat Indonesia adalah menjadi konten kreator baik di YouTube, Tiktok, Instagram maupun di platform media sosial lainnya.

Dosen Digital Marketing Meithiana Indrasari mengatakan, setiap para pengguna internet dapat memanfaatkan akun media sosialnya untuk mendapatkan pengasilan baru, semisal menjadi konten kreator tentang pariwisata di Indonesia.

"Misalnya, dengan membuat konten menarik tentang Keindonesiaan baik dari segi budaya, kesenian, keanekaragaman hayati, maupun kekayaan alam," kata Meithiana dalam sebuah diskusi uang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui keterangan tertulis, Rabu (7/9/2022).

Menurut Meithiana para konten kreator luar negeri banyak yang datang ke Tanah Air hanya untuk membuat konten tentang keindahan alam Indonesia, semestinya para generasi muda hendaknya dapat meningkatkan semangatnya untuk dapat memproduksi.

"Contoh aksinya sebagaimana dikutip dari money.co.uk yang memberikan penghargaan Indonesia sebagai Negara terindah, dengan 45 gunung berapi, ada juga banyak pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai yang panjang, hutan hujan, kemudian gletser. Ini kan modal konten untuk generasi muda,' jelas dia.

Sementara itu, Peneliti Jalin Institute Nurbaya mengatakan bahwa kehadiran internet merupakan anugerah yang harus disyukuri masyarakat.

Namun di sisi lain, internet dan media sosial justru bisa menjadi bencana apabila dalam penggunaannya mengesampingkan etika dalam berinteraksi di dunia digital.

"Meskipun kita memiliki hak untuk bebas berpendapat, namun tetap saja berlaku batasan jika mengganggu hak orang lain," katanya.

Semisal kata dia dalam memproduksi konten, sejumlah pelanggaran yang perlu dihindari antara lain, melanggar kesusilaan, mengandung perjudian, ancaman dan pemerasan, pencemaran nama baik, serta penyebaran hoaks dan ujaran kebencian.

"Etika Hadir sebagai seorang bijak yang mengingatkan kembali bahwa hakikat teknologi adalah anugerah bagi manusia. Etika hadir ketika ditawarkan sebagai pedoman untuk menggunakan berbagai platform digital secara sadar, tanggung jawab, berintegritas dan menjunjung nilai-nilai kebajikan antar insan," katanya.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami