search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
3 Hal Ini Bisa Bantu Mencegah Munculnya Stretch Mark
Rabu, 28 September 2022, 15:32 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/3 Hal Ini Bisa Bantu Mencegah Munculnya Stretch Mark

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Tampilan stretch mark sering kali membuat banyak orang yang memilikinya tidak percaya diri. Namun sebenarnya stretch mark adalah respons kulit yang benar-benar normal dan sangat umum.

Baik pria dan wanita, gemuk dan kurus, siapa pun dapat mengembangkan stretch mark. Tapi memang stretch mark lebih sering terjadi pada wanita daripada pria dan dapat lebih menonjol pada individu berkulit gelap.

Meskipun ada banyak perawatan di luar sana untuk stretch mark, penting untuk dicatat bahwa stretch mark tidak menunjukkan bahwa ada yang salah dengan kulit atau kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Dilansir dari Insider, stretch mark dikenal sebagai striae distensae atau stria atrophicus, adalah bekas luka yang disebabkan oleh robekan pada serat kolagen dan elastin, yang menopang struktur kulit.

Stretch mark terbentuk di dermis, lapisan kedua kulit yang mengandung jaringan ikat. Ini terjadi ketika kulit meregang, biasanya selama masa pertumbuhan yang cepat termasuk kehamilan, penambahan berat badan, penurunan berat badan, percepatan pertumbuhan, dan pertumbuhan otot yang cepat seperti dengan latihan beban.

Stretch mark biasanya terlihat seperti garis merah, merah muda, atau keunguan di kulit saat pertama kali muncul. Tapi seiring waktu akan memudar dan tampak putih.

Tapi Adakah Cara untuk Mecegah Munculnya Stretch Mark?

Faktanya, tidak mungkin untuk sepenuhnya mencegah stretch mark. Tetapi ada beberapa cara untuk meminimalkan kemungkinan mengembangkannya, termasuk:

- Melembabkan kulit dengan lotion dua kali sehari. Ini membantu menjaga hidrasi kulit dan mengoptimalkan elastisitas dan kekuatan kulit, sehingga tidak mudah robek saat meregang.

- Mengelola penambahan berat badan dan cobalah untuk mencegah fluktuasi berat badan yang cepat. Hal ini memungkinkan kulit untuk menyesuaikan secara bertahap tanpa meregangkan dan mengganggu jaringan ikat.

- Mengoleskan asam hialuronat (hyaluronic acid). Ini membantu melembabkan kulit dan merangsang produksi kolagen yang dapat mencegah munculnya stretch mark.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami