search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Makna Pagerwesi, Hari Memagari Diri dengan Ilmu Pengetahuan
Selasa, 25 Oktober 2022, 22:47 WITA Follow
image

bbn/baligolive.com/Makna Pagerwesi, Hari Memagari Diri dengan Ilmu Pengetahuan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Umat Hindu di Nusantara pada Rabu (26/10) melaksanakan hari raya Pagerwesi. Dalam penanggalan Hindu, hari ini selalu jatuh pada Rabu Kliwon wuku Sinta. Istilah Pagerwesi sering dikaitkan dengan pagar besi yang secara sederhana berarti perlindungan yang kuat dan kokoh.

"Dalam pengertian ini tentunya umat Hindu memanfaatkan hari Pagerwesi untuk memperkokoh diri dengan ilmu pengetahuan," ujar Romo Poniman, salah satu tokoh intelektual Hindu.

Hari raya Pagerwesi dilaksakan, menurutnya tergantung dari desa (tempat), kala (waktu), patra (keadaan) setempat. "Pelaksanaanya sering dilakukan di sanggah rumah masing-masing, atau pura," ungkapnya.

Namun, ditengah pandemi COVID-19 kata dia, pelaksanaanya lebih tepat dilaksanakan di sanggah rumah. Pada hari raya Pagerwesi, umat Hindu melakukan pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Pramesti Guru. Sang Hyang Pramesti Guru merupakan nama lain dari Dewa Siwa.

Salah satu literatur, Lontar Sundarigama, Pagerwesi yang jatuh pada Budha Kliwon Shinta merupakan hari Payogan Sang Hyang Pramesti Guru diiringi oleh Dewata Nawa Sangga. Hal ini mengundang makna bahwa Hyang Premesti Guru adalah Tuhan dalam manifestasinya sebagai guru sejati. 

Hari Raya Pagerwesi ini sering pula diartikan sebagai hari untuk memagari diri dalam bahasa Bali disebut magehang awak. "Dengan ilmu pengetahuan itulah manusia magehang awak atau memagari diri agar selalu berjalan pada ajaran kebenaran atau dharma," ungkap Poniman.

Pagerwesi erat kaitanya dengan hari Saraswati yang telah digelar Sabtu (4/7) lalu. Setelah Saraswati, esoknya hari Minggu, adalah hari Banyupinaruh, dimana umat Hindu melakukan pensucian diri dengan mandi di laut atau di kolam mata air. 

Pada saat itu pula, dipanjatkan permohonan semoga ilmu pengetahuan dapat digunakan untuk tujuan-tujuan mulia. Kemudian esoknya, hari Senin disebut hari Somaribek, yang dimaknai sebagai hari di mana Sanghyang Widhi melimpahkan anugerah berupa kesuburan tanah dan hasil panen yang cukup untuk menunjang kehidupan manusia.

Selanjutnya, hari Selasa, disebut Sabuh Mas, umat manusia akan menerima pahala dan rezeki berupa pemenuhan kebutuhan hidup lainnya, bila mampu menggunakan ilmu pengetahuan.

Hari raya Pagerwesi di hari Rabu, dapat diartikan sebagai suatu pegangan hidup yang kuat, agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi pedoman bagi kehidupan. (Sumber: Kumparan)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami