search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bukan Lagi Soal Pernapasan, Ini Gejala Covid-19 Paling Umum saat Ini
Jumat, 13 Januari 2023, 13:26 WITA Follow
image

bbn/Halodoc/Bukan Lagi Soal Pernapasan, Ini Gejala Covid-19 Paling Umum saat Ini

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Virus corona penyebab Covid-19, khususnya varian Omicron, masih menjadi hantu di tengah masyarakat. Virus pun terus bermutasi, memunculkan berbagai subvarian.


Meski kasusnya kini terbilang landai, masyarakat tetap perlu waspada. Salah satunya dengan mewaspadai gejala Covid-19 yang paling umum saat ini.

Covid-19 adalah penyakit infeksi yang menyerang saluran napas. Penyakit ini disebabkan oleh SARS-CoV-2, virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China.

Salah satu varian yang paling banyak bermutasi saat ini adalah Omicron. Teranyar, mutasi Omicron memunculkan subvarian yang dijuluki Kraken.

Menukil laman Health Shots, Omicron adalah varian yang paling khas dibandingkan lainnya. Pasalnya, varian ini memiliki kemampuan menular yang lebih cepat dan tinggi.

Menurut penelitian, Omicron memiliki nilai R0 sekitar 10-18,6. Hal ini berarti setiap orang yang terinfeksi memiliki kesempatan untuk menginfeksi 10-18,6 orang terdekat.

Gejala Covid-19 yang paling umum

Namun demikian, seiring terus bermutasinya Omicron, gejala yang muncul justru cenderung lebih ringan dibanding sebelumnya. Tak ada lagi gejala pernapasan berat seperti sesak napas. Gejala itu diganti oleh gejala-gejala lain yang lebih ringan.

Berikut gejala Covid-19 yang paling umum saat ini, mengutip berbagai sumber.

1. Demam


Demam sejak lama menjadi gejala infeksi virus corona. Demam ditandai dengan suhu tubuh yang mencapai lebih dari 37,5 derajat Celcius.

Selain melalui suhu, Anda juga bisa mendeteksi demam melalui tubuh yang terasa meriang atau panas dingin.

2. Pilek

Sama seperti demam, gejala ini telah muncul sejak pertama kali SARS-CoV-2 merebak.

Pilek umumnya ditandai dengan hidung tersumbat dan bertambahnya produksi lendir di hidung. Gejala ini memang terkadang bikin napas jadi tak lega, tapi tak bikin pasien jadi sulit bernapas seperti pada kasus sesak napas.

Saat pilek, beberapa orang juga bisa mengalami bersin-bersin. Bersin terjadi karena adanya benda asing di dalam hidung.

3. Batuk

Batuk yang disebabkan oleh Covid-19 memiliki ciri khasnya sendiri. Batuk umumnya bersifat kering, tanpa adanya produksi dahak pada tenggorokan.

4. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya terjadi akibat intensitas batuk yang kuat. Sakit tenggorokan akan terasa seperti nyeri dan panas di tenggorokan hingga membuat pasien sulit menelan.

5. Kelelahan

Kelelahan menjadi salah satu tanda sistem kekebalan tubuh tengah bekerja melawan virus yang menginfeksi. Saat sistem imun bekerja, tubuh tentu mengeluarkan energi yang cukup besar. Hal ini jelas membuat tubuh terasa lelah meski Anda tak melakukan apa pun.

6. Suara serak

Suara serak biasanya terjadi akibat munculnya rasa sakit di tenggorokan. Suara akan terdengar lebih parau, yang disertai dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

7. Sakit kepala

Sakit kepala menjadi salah satu penanda infeksi. Pada Covid-19, sakit kepala umumnya muncul berupa sensasi berdenyut.

8. Mialgia atau nyeri otot

Nyeri otot juga menjadi salah satu gejala Covid-19 yang paling umum saat ini. Nyeri otot menjadi penanda tubuh sedang melawan virus yang menyerang.

Pada beberapa pasien, nyeri otot akan terasa sangat hebat hingga membuat sulit bergerak. (Sumber: CNN Indonesia)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami