search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jeonnam Dragons: Klub Baru Asnawi Mangkualam, Jagoan Piala Korea
Jumat, 27 Januari 2023, 20:47 WITA Follow
image

bbn/Detik.com/Jeonnam Dragons: Klub Baru Asnawi Mangkualam, Jagoan Piala Korea

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Jeonnam Dragons resmi mendatangkan bintang Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. Jeonnam merupakan salah satu tim dengan gelar terbanyak di Piala Korea.


Asnawi resmi mengakhiri dua musim kariernya di Ansan Greeners. Pemain 23 tahun itu 'menyebrang' ke klub K League 2 lainnya, Jeonnam Dragons, Jumat (27/1/2023).

"Saya sedang dalam kondisi yang bagus saat ini. Saya sangat senang bergabung dengan Jeonnam, yang mempunyai kemungkinan untuk promosi," kata Asnawi dalam situs resmi Jeonnam Dragons.

"Jeonnam merupakan klub yang dikenal dengan sejarah panjang di sepakbola Korea. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan kepada Anda citra yang bagus," ujarnya.

Ucapan Asnawi Mangkualam tentang Jeonnam Dragons memang bukan isapan jempol. Klub yang berdiri pada 1994 itu punya sejarah mentereng di Negeri Gingseng, khususnya dalam ajang Piala Korea.

Jeonnam Dragons sudah empat kali menjadi juara Piala Korea, dengan yang terakhir didapat pada 2021. Prestasi tersebut hanya kalah dari dua klub K League 1, Suwon Samsung Bluewings dan Jeonbuk Hyundai Motors, yang masing-masing mengoleksi lima trofi.

Klub berjuluk JDFC itu selalu tampil di kasta tertinggi selama 13 tahun sejak 1995. Kiprah terbaik Jeonnam Dragons di liga yakni menjadi runner-up K League 1 edisi 1997.

Jeonnam terdegradasi ke K League 2 pada 2018 setelah menjadi juru kunci klasemen. Sejak saat itu, Jeonnam berkutat di kasta kedua.

Jeonnam Dragons musim lalu mendekam di dasar klasemen dengan 35 poin dari 40 pertandingan, tapi tetap tampil di K League 2 karena tidak ada degradasi. Kehadiran Asnawi Mangkualam diharapkan bisa mendongkrak posisi klub yang bermarkas di Gwangyang Stadium itu.

Trivia

- Jeonnam Dragons pertama kali juara Piala Korea pada 1997. JDFC memenangi laga final 1-0 atas Seongnam Ilhwa Chunma yang saat itu diperkuat Shin Tae-yong (kini pelatih Timnas Indonesia).

- Jeonnam Dragons juara beruntun Piala Korea pada 2006 dan 2007. Jeonnam menjadi yang pertama melakukannya di kompetisi tersebut.

- Mantan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, pernah membesut Jeonnam Dragons pada 2007-2010. Pencapaian tertingginya yakni menjadi runner-up Piala Liga Korea 2008.

- Jeonnam Dragons juara Piala Korea pada 2021 dan membuat mereka lolos ke fase grup Liga Champions Asia 2022. Jeonnam Dragons menjadi tim kasta kedua pertama yang tampil di kompetisi tertinggi Benua Kuning.

Profil Jeonnam Dragons

Berdiri: 16 Desember 1994
Stadion: Gwangyang Football Stadium (kapasitas 13.496)
Prestasi: Piala Korea (1997, 2006, 2007, 2021).

(Sumber: Detik.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami