search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Nyepi dan Bulan Puasa, Harga Kebutuhan Pokok di Jembrana Melonjak
Rabu, 8 Maret 2023, 21:03 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jelang Nyepi dan Bulan Puasa, Harga Kebutuhan Pokok di Jembrana Melonjak.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Harga kebutuhan pokok di Pasar Umum Negara, Kabupaten Jembrana, Rabu 8 Maret 2023 mulai melonjak jelang Hari Raya Nyepi dan Bulan Puasa

Bahan bumbu dapur seperti cabai merah kecil naik sebesar 20 ribu rupiah per kilogram dari 55 ribu rupiah menjadi 70 ribu rupiah per kilogram. Harga beras premium naik dari 11.800 rupiah per kilogram menjadi 12.200 rupiah per kilogram. Sementara beras kualitas medium juga mengalami kenaikan harga dari 10.200 rupiah menjadi 10.700 hingga 11.000 rupiah per kilogram. 

Harga minyak goreng kemasan juga mengalami kenaikan dari 15 ribu rupiah menjadi 17 hingga 19 ribu rupiah per liter tergantung merk minyak goreng. Bawang merah naik dari 25 ribu rupiah menjadi 30 ribu rupiah per kilogram dan bawang putih dari 22 ribu rupiah menjadi 30 ribu rupiah per kilogram.

Menurut Ni Wayan Muliada, salah satu pedagang sembako dan bumbu dapur di pasar umum Negara, lonjakan sejumlah harga sembako terjadi karena jelang bulan Ramadan dan pasokan dari Jawa belum normal. 

"Kalau sekarang semua harganya mulai melonjak terutama Bawang Merah, Bawang Putih, Lombok kecil terutama. Penyebabnya karena jelang bulan Ramadan ini biasa kalau bulan Ramadan naik dan juga pasokan dari Jawa belum normal ini bawangnya kan dari Kintamani, bawang dari Bima mahalan lagi," kata Muliada ditemui di pasar Negara, Rabu siang.

I Kadek Suka, seorang pedagang beras, menuturkan bahwa harga beras sejak empat hari terakhir mulai merangkak naik, namun kenaikan harga beras tersebut secara bertahap, sekitar 100 sampai 300 rupiah per kilogram. 

Kebutuhan pokok lainnya seperti gula pasir, tepung terigu, telur, daging sapi dan lainnya masih stabil. Di pasar Negara, harga gula pasir masih dijual dengan harga 13 ribu rupiah per kilogram, tepung terigu masih stabil di 11 ribu rupiah per kilogram, telur ayam masih stabil di 1.700 rupiah per butir, dan daging sapi masih stabil di harga 115 ribu rupiah per kilogram. Harga daging ayam bahkan turun dari 30 ribu rupiah per kilogram menjadi 28 ribu rupiah per kilogram.

Para pedagang sembako lainnya berharap agar pasokan kebutuhan pokok bisa kembali normal dan harga dapat stabil kembali, sehingga masyarakat bisa kembali menggeliat.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami