search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perhiasan di Dasar Tujuh Pelinggih Pura Puncak Mangu Dibobol Maling
Senin, 10 April 2023, 20:09 WITA Follow
image

beritabali/ist/Perhiasan di Dasar Tujuh Pelinggih Pura Puncak Mangu Dibobol Maling.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Tujuh pelinggih di Pura Puncak Mangu atau Gunung Catur di Banjar Tinggan, Pelaga, Petang, Badung, dibobol kawanan maling. Berbagai perhiasan yang ditaruh di dasar pelinggih digasak maling yang diperkirakan nilainya mencapai jutaan rupiah. 

Aksi pencurian ini diungkap jero mangku setempat, pada Sabtu 1 April 2023. Bermula Jero Mangku hendak melaksanakan persembahyangan ke puncak luhur Puncak Mangu. 

"Saksi Jero mangku melihat masing-masing pelinggih dibongkar di bawah dasar tempat meletakkan pedagingan," beber sumber, pada Senin 10 April 2023. 

Setelah mengetahui hal tersebut, Jero Mangku melaporkannya ke Polisi. Selanjutnya, pada Jumat 7 April 2023 pengempon pura mendatangi TKP untuk mengecek situasi Pura pascakehilangan tersebut. 

Tercatat ada tujuh pelinggih yang dibongkar oleh pencuri, yaitu Rantai Bang, Lingga Yoni, Bale Pelik, Panca Rsi, Pemaruman dan Padma. 

"Puluhan warga dan tokoh masyarakat juga datang untuk melakukan pengecekan barang yang hilang dan melakukan upacara ngaturang guru piduka dan mecaru," ujar sumber. 

Sementara dari hasil penyelidikan aparat kepolisian, sejumlah perhiasan seperti emas, tembaga, perak, besi, perunggu atau panca datu di tujuh pelinggih raib dicuri. 

"Ada pula uang kepeng palsu diletakkan di bagian belakang pelinggih yang dibongkar oleh pelaku," terangnya. 

Hingga kini belum diketahui kerugian yang ditimbulkan dalam aksi pencurian di pura dengan ketinggian 2.096 MBPL itu. Sementara Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana yang dikonfirmasi belum memberikan keterangan resmi terkait aksi pencurian di Pura Puncak Manggu.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami