search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Atap Salah Satu Pelinggih Pura Dalem Desa Adat Rendang Nyaris Ludes Dilalap Api
Rabu, 14 Juni 2023, 16:59 WITA Follow
image

beritabali/ist/Atap Salah Satu Pelinggih Pura Dalem Desa Adat Rendang Nyaris Ludes Dilalap Api.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Api nyaris saja melahap habis bagian atap salah satu bangunan pelinggih yang ada di Pura Dalem Desa Adat Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem pada Selasa (13/6/2023) malam sekitar pukul 22.00 WITA. 

Perbekel Desa Rendang, I Nengah Kariasa, membenarkan kejadian tersebut pada Rabu (14/6/2023) pagi. Ia menduga, percikan api berasal dari dupa sisa persembahyangan mengingat hari itu ada upacara mesucian di Pura tersebut. 

Beruntung, ketika asap muncul dari salah satu sudut atap, warga yang sedang bermalam di Pura (makemit) mengetahuinya, hingga langsung dilakukan upaya pemadaman serta menghubungi petugas damkar Karangasem sebelum api membesar. 

"Kemungkinan dupa yang masih menyala ini dibawa tikus kesarangnya hingga memicu percikan api. Posisi sarang tikus posisinya pas pada kayu yang terbakar. Jadi mirip seperti ketika membuat pasepan, dari dupa dan serutan kayu, muncul bara dulu dan asap, ketika membesar dan tertiup angin akan menyala," kata Kariasa.

Atas musibah itu, pihak Pura diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp100 juta lebih. Pasalnya bangunan pura yang suah terbakar harus dilakukan perbaikan secara menyeluruh serta berbagai upakaranya. 

Namun demikian, kata Kariasa, terkait perbaikan tentunya para penglingsir, pemangku dan masyarakat pengempon Pura akan melakukan rapat untuk memutuskan seperti apa nanti penanganannya pascamusibah kebakaran tersebut.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami