search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Modus Kenal Keluarga, Sejumlah Warga Seraya Barat Karangasem Kena Tipu
Rabu, 28 Juni 2023, 14:43 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Modus Kenal Keluarga, Sejumlah Warga Seraya Barat Karangasem Kena Tipu.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Modus penipuan oknum berkedok mengabarkan anggota keluarga yang sedang tertimpa musibah belakangan cukup marak terjadi di wilayah Karangasem.

Seperti yang dialami baru-baru ini oleh beberapa orang warga di Desa Seraya Barat, Karangasem misalnya. Disebut ada oknum mendatangi rumah warga dan meminta sejumlah uang dengan mengatakan bahwa uang tersebur diminta oleh anggota keluarga bersangkutan yang sedang menunggu di bengkel.

"Kejadiannya beberapa hari lalu, tiga orang warga kami didatangi orang tak dikenal membawa motor yang mengaku sebagai teman dari anak warga tersebut. Oknum ini kemudian meminta uang dengan mengatakan itu adalah permintaan anak bersangkutan yang sedang menunggu di bengkel," kata Perbekel Desa Seraya Barat, I Wayan Patra Suarsa, Rabu (28/6/2023). 

Dari ketiga warga tersebut, dua orang diantaranya berhasil tertipu. Uang senilai Rp.1,7 juta berhasil dibawa kabur oleh pelaku. 

Menariknya, ketika melancarkan aksinya, pelaku cukup piawai berkomunikasi menggunakan bahasa bali bahkan sesuai dengan karakter dan logat warga Desa Seraya sehingga warga merasa percaya dan mengikuti kemauan pelaku.

Menurut Patra Suarsa, dari informasi warga yang menjadi korban, pelaku memiliki ciri - ciri wajah lebar, berperawakan tinggi dengan memakai baju lurik serta mengendarai sepeda motor vario. 

Sebenarnya, kejadian serupa juga pernah terjadi beberapa bulan yang lalu. Pihaknya pun sudah mengingatkan warga baik melalui medsos maupun kepala wilayah apabila ada orang tak dikenal datang dan meminta sesuatu agar jangan diladeni serta lebih baik dilaporkan kepada kawil setempat. 

"Kemungkinan pelaku ini sengaja menyasar warga yang awam terhadap medsos atau teknologi untuk memuluskan aksinya, kejadian ini juga sudah kami laporkan kepihak kepolisian," terang Suarsa.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami