search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Produksi Gabah Menurun Jadi Penyebab Harga Beras Merangkak Naik di Badung
Jumat, 1 September 2023, 09:13 WITA Follow
image

beritabali/ist/Produksi Gabah Menurun Jadi Penyebab Harga Beras Merangkak Naik di Badung.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Kenaikan harga beras medium dan premium di tingkat pedagang pengecer di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Badung disebabkan selain faktor El nino juga karena jebolnya terowongan di Subak Penarungan, Badung.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana mengatakan kondisi ini akhirnya berimbas ke penurunan produksi gabah di beberapa subak di Kabupaten Badung.

"Faktor El nino ini ditambah adanya terowongan jebol di Subak Penarungan berdampak ke produksi gabahnya," jelasnya, Kamis (31/8/2023) saat ditemui di ruang kerjanya di Puspem Kabupaten Badung .

Menurutnya, akhirnya berimbas naiknya harga beras di tinggkat pedagang pengecer di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Badung.

"Ya, dampaknya naiknya harga beras di pasaran," ujarnya.

Jika dampak El nino terjadi berkepanjangan, dirinya berharap agar para petani dapat melakukan rencana tanam dan panen yang dipercepat.

"Langkah lainya dengan menjalankan program kegiatan dan pengembangan komoditi holtikultura yang tidak membutuhkan banyak air seperti cabai dan bawang merah sebagai bentuk antisipasi dampak El nino serta mengantisipasi kenaikan harga komuditi pertanian nantinya," paparnya.

Menghadapi kondisi ini, Pemkab Badung tetap berupaya serta berharap ke seluruh subak yang tidak terdampak diharapkan dapat mempercepat jadwal tanam guna mengejar sisa air yang masih ada.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami