search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban Kini Miliki Bale Pameran
Senin, 13 November 2023, 18:16 WITA Follow
image

beritabali/ist/Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban Kini Miliki Bale Pameran.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pascaambruk pada bulan Desember 2022 lalu, Desa Adat Dukuh Penaban kelurahan Karangasem akhirnya berhasil membangun kembali bangunan Bale Lantang atau Bale Pameran di Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban.

Bangunan itu pun kini terlihat permanen dan kokoh dengan desain khas menggunakan ambengan pada bagian atapnya dan telah diplaspas skaligus diresmikan oleh Deputi UMKM BI (Bank Indonesia) Bali, I Gusti Agung  Diah Utari pada Minggu (12/11/2023).

Bendesa Adat Dukuh Penaban, I Nengah Suarya mengatakan, pembangunan bale pameran ini berkat bantuan dari Bank Indonesia atau BI sebesar Rp.150 juta. Selain itu, ada juga sumbangan dari maestro lontar asal Karangasem Ida Gede Catra yang juga merupakan kurator di museum lontar sebesar Rp.50 juta serta sumbangan maestro arsitek tradisional Bali, Ir. I Ketut Artana senilai Rp. 25 juta. 

"Dari sisi perencanaan diperkirakan habis hingga Rp.224 juta, ini dananya bersumber dari bantuan BI dan donatur dari dua kurator kami, Ida Gede Catra dan Ir. I Ketut Artana, ini proses pengerjaannya murni semuanya tukang lokal dan warga kami, kami sangat berterimakasih kepada para donatur yang telah mendukung kelancaran pembangunan sehingga hari ini bisa diplaspas skaligus diresmikan," kata Suarya. 

Nantinya, peruntukan bangunan ini bukan hanya sekadar untuk pameran saja, melainkan juga akan digunakan untuk acara meeting room atau pertemuan bagi masyarakat yang mau melaksanakan kegiatan di Museum Lontar Dukuh Penaban ini.

Sementara itu, Deputi UMKM BI Bali, I Gusti Agung Diah Utari usai memotong pita peresmian bangunan tersebut mengatakan, bantuan dana untuk pembangunan bale lantang di  Museum Pustaka Lontar Dukuh Penaban ini bersifat bantuan sosial.

“Desa Adat Dukuh Penaban sudah berhasil membentuk ekosistem pariwisata berkualitas dengan memberdayakan masyarakat lokal dan BI memiliki kewajiban untuk mendukung pembangunan bale lantang untuk melengkapi fasilitas museum ini," terangnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami