search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bali Zero Emisi Karbon, Jimbafest-J Trust Bank Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Kelan
Minggu, 26 November 2023, 21:36 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bali Zero Emisi Karbon, Jimbafest-J Trust Bank Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Kelan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada Bulan November, Jimbafest 2023 menggantikan jejak emisi karbon sebesar 3 ton CO2 melalui inisiatif penanaman 1.000 pohon mangrove di Hutan Mangrove Kelan, Pantai Kelan Kangin, Tuban, yang didukung penuh oleh PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) guna pencapaian zero emisi karbon pada Sabtu 25 November 2023. 

Kegiatan ini dilakukan untuk mengambil langkah proaktif dalam mengimbangi dampak lingkungan yang dihasilkan selama kegiatan Jimbafest 2023 dan J Trust Bank yang berlangsung.

Pohon mangrove dikenal sebagai penyimpan karbon alami yang efisien dan memiliki manfaat ekosistem yang besar, termasuk melindungi pantai dari abrasi, menyediakan habitat bagi fauna laut, dan meningkatkan kualitas air. 

Yusea Eka Prasetya, PJ Ketua Yayasan Jimbaran Hijau selaku penasihat dari kegiatan Jimbafest  2023 menambahkan, sesuai dengan tema besar kegiatan Jimbafest 2023 ‘Agha Kerthi Jagadhita’ yang mempunyai makna ‘Upaya Jaga Alam Untuk Bumi Sejahtera’, menanam pohon mangrove bukan hanya langkah untuk mengganti emisi karbon, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang dalam keberlanjutan lingkungan. 

Ridyawan Amnar selaku Corporate Secretary Division Head PT Bank Jtrust Indonesia Tbk menjelaskan “bertepatan dengan ulang tahun J Trust Bank yang ke-8, kami melihat adanya kesamaan misi dengan Jimbafest 2023 mengenai aksi menjaga lingkungan”. 

Dalam perhitungan kasar, satu event Jimbafest 2023 digabung dengan salah satu kegiatan perayaan ulang tahun J Trust Bank, setara dengan 3 ton CO2, yang dapat dikompensasi minimal dengan penanaman 250 pohon dalam setahun. 

Oleh karena itu, dengan menanam 1000 pohon mangrove, Jimbafest 2023 bersama dengan J Trust Bank tidak hanya mengkompensasi emisi dari kegiatan-kegiatan tersebut tetapi juga memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap upaya mengurangi emisi karbon lingkungan secara keseluruhan.

Dengan adanya kegiatan ini, kedua belah pihak berharap bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove ini akan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat dalam mendukung upaya zero emisi karbon dan dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, dan berkelanjutan.

Tentang Jimbafest 2023

Jimbafest 2023 adalah kegiatan tahunan Yayasan Jimbaran Hijau yang mengangkat tema “Agha Kerthi Jagadhita” dengan makna “Upaya Jaga Alam Untuk Bumi Sejahtera” yang telah menghadirkan kegiatan yang bervariasi dan mengedukasi mengenai aksi jaga lingkungan untuk masyarakat. Dengan fokus pada keberlanjutan lingkungan, Jimbafest 2023 berkomitmen untuk mengurangi dampak karbon dari kegiatan dan berkontribusi positif terhadap pelestarian alam.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami