search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jokowi Mulai Bangun Markas TNI dan Polri di IKN
Kamis, 21 Desember 2023, 13:27 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Jokowi Mulai Bangun Markas TNI dan Polri di IKN

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meletakkan batu pertama (groundbreaking) markas TNI dan Polri khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Markas Komando Distrik Militer (Kodim) IKN dibangun di tanah 3,29 hektare. Jokowi berkata markas militer ini akan dibangun dengan konsep bangunan ramah lingkungan atau green building.

"Di area ini akan dibangun kantor kodimnya, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, ada aulanya, dan juga prasarana pendukung lainnya," kata Jokowi di IKN, Kamis (21/12).

Sementara itu, kantor Kepolisian Resor (Polres) IKN dibangun di lahan 12 hektare. Polres IKN akan diperkuat 750 orang polisi yang disebar ke enam kepolisian sektor (polsek).

Jokowi mengatakan Polres IKN dibangun dengan kekuatan teknologi mutakhir. Dia ingin kepolisian di ibu kota negara baru adaptif terhadap perkembangan teknologi.

"Saya tadi disampaikan oleh Kapolri bahwa akan ada CCTV di semua sudut, akan ada command center-nya, akan ada analisis untuk AI-nya," ucap Jokowi.

Dia mengapresiasi langkah TNI dan Polri membangun markas di ibu kota negara sedini mungkin. Ia berharap kehadiran para aparat keamanan dan pertahanan bisa mendukung pembangunan IKN.

"Kodim tipe A ini akan melaksanakan tugas-tugas pengamanan ibu kota negara dan mendukung serta melindungi IKN dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi mencanangkan pemindahan ibu kota negara secara bertahap pada 2024-2045. Tahap pertama akan dilakukan mulai awal tahun depan dengan memindahkan sejumlah aparatur sipil negara (ASN).

Jokowi juga menargetkan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN rampung pertengahan 2024. Dengan demikian, pemerintah bisa menggelar upacara HUT Kemerdekaan ke-79 di IKN.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami