search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Puskeswan Gianyar Temukan Banyak Shelter Penampungan Anjing Tak Berstandar
Rabu, 3 April 2024, 20:33 WITA Follow
image

beritabali/ist/Puskeswan Gianyar Temukan Banyak Shelter Penampungan Anjing Tak Berstandar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Gianyar III Dinas Pertanian dan Peternakan Gianyar mendapatkan temuan mengejutkan. Terpantau ada tiga Shelter penampungan anjing yang tidak dinilai tidak standar.

Menurut Kepala Puskeswan Gianyar III, Drh. Arya Dharma dari pantauan di wilayah Kecamatan Gianyar dan Sukawati menjamur Shelter anjing.

"Tapi mengambil lokasi di permukiman penduduk. Tempat ada yang sudah layak, tapi di permukiman padat penduduk, harus dilihat dampak suara anjing," ujar dia.

Dikatakan, ada lagi Shelter yang tidak punya perizinan. Pengelola Shelter nekat memungut dan memelihara anjing liar untuk diberikan pakan. 

Tentunya, kondisi itu rawan. Terlebih latar belakang pengelola Shelter jika bukan dari kalangan petugas kesehatan hewan bisa rawan. Terutama soal tata cara perawatan. 

"Rumah penampungan hewan juga harus punya standar operasional prosedur. Ketika ada hewan baru masuk, ada tempatnya," jelas dia.

Selain itu, untuk jaga-jaga, Shelter anjing juga wajib memiliki tempat penguburan. Apabila ada hewan yang sakit dan tidak bisa disembuhkan, maka alternatif di lahan penguburan bisa dilakukan. 

"Harus punya area penguburan hewan mati," jelas dia.

Oleh sebab itu, pihak Puskeswan yang sudah keliling melakukan sosialisasi door to door ke Shelter. "Kami sudah wanti-wanti untuk membuat penampungan sesuai standar," tutup dia. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami