search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Danau Buyan Dilirik Jadi Pusat Latihan Dayung Internasional
Jumat, 26 April 2024, 17:53 WITA Follow
image

beritabali/ist/Danau Buyan Dilirik Jadi Pusat Latihan Canoeing dan Rowing Internasional.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Kawasan Danau Buyan, di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada Buleleng dilirik untuk dijadikan Pusat Pelatihan Dayung bertaraf internasional. 

Hal ini terungkap saat sejumlah pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali dan KONI Kabupaten Buleleng melakukan survey langsung ke Danau Buyan.

"Ide ini berasal dari coach kami, Adry Kreator yang telah beberapa kali mengunjungi tempat ini dan tertarik untuk dikembangkan lokasi di sekitar Danau Buyan untuk dijadikan tempat training center olahraga Canoeing/Rowing yang memang sangat populer di belahan dunia. Olahraga Canoeing dan Rowing ini di bawah nasional federasi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia disingkat PODSI," ungkap Sekjen PODSI, Edy Suyono.

Edy Suyono mengatakan, banyak tempat training center di eropa seperti Bulgaria, Hungaria, Jerman dan Turki yang telah mempunyai training center yang layak dijual kepada negara-negara yang tidak mempunyai tempat training center yang layak dan memadai. 

"Menurut mereka (investor) Danau Buyan sangat cocok sekali sebagai tempat training center yang dapat digunakan sepanjang tahun tanpa henti dikarenakan di Indonesia hanya ada dua musim yakni musim hujan dan musim panas dan berada di daerah ketinggian yang bagus untuk melatih daya tahan," ujarnya.

Kedepan juga diyakini, tempat tersebut, tidak hanya sebagai peluang bisnis, akan tetapi juga dapat digunakan untuk pembinaan olahraga dayung Canoe/Rowing bagi remaja di sekitar Danau Buyan dan Provinsi Bali. 

"Juga untuk pusat pelatihan atlet nasional Indonesia berlatih dengan bebas tanpa biaya," harapnya. 

Ketua KONI Bali, Oka Darmawan menyambut baik ide tersebut dan mensuport asalkan semua dilalui dengan prosedur yang ada. "KONI Bali sangat mensuport itu. Nah ini juga bergantung dari KONI Buleleng yang juga hadir disini," ungkapnya.

Ketua KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja tak kalah semangat untuk menyambut ide luar biasa ini. 

"Tentunya kami di Buleleng yang akan secara langsung merasakan dampaknya nanti tentu kami akan berbicara dan berdiskusi dengan pemangku kebijakan. Terutama masalah perijinan dan juga tentu secara niskala yang tak bisa lepas dari kehidupan kita di Bali dan Buleleng khususnya,” tegasnya.

Sebagai langkah lanjutan nantinya PODSI bersama KONI Provinsi Bali dan KONI Kabupaten Buleleng akan Kembali melakukan pertemuan termasuk memastikan proses administrasi rencana pembuatan pusat pembinaan olahraga air itu.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami