search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Agar Subsidi Tepat Sasaran, Pj Bupati Dukung Penerapan QR Code untuk BBM Pertalite di Klungkung
Minggu, 25 Agustus 2024, 14:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Agar Subsidi Tepat Sasaran, Pj Bupati Dukung Penerapan QR Code untuk BBM Pertalite di Klungkung.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Pertamina akan melakukan uji coba implementasi kewajiban transaksi pembelian BBM Pertalite menggunakan Quick Response (QR) code khusus untuk kendaraan Roda empat di Kabupaten Klungkung mulai bulan September pada Minggu ke-4 mendatang. 

Terkait hal tersebut, Pj Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika mendukung dan menyambut baik uji coba QR code yang dilakukan Pertamina untuk di kabupaten Klungkung. Pertimbangannya, dengan terobosan teknologi tersebut diharapkan penyaluran subsidi BBM tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. 

“Kami mendukung program ini, agar penyaluran BBM bersubsidi dapat tepat sasaran sesuai dengan aturan yang berlaku dan berjalan dengan optimal,” ujar Pj Bupati Jendrika belum lama ini.

Pihaknya berharap agar masyarakat juga dapat mengikuti program tersebut dengan bijak dan demi kepentingan bersama.

Sementara, Sales Area Manager (SAM) Retail Bali PT Pertamina Tbk, Endo Eko Satryo saat audiensi dengan PJ Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Jumat (16/8) mengatakan melalui Pertamina Patra Niaga Retail Bali melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna Pertalite agar mendaftarkan kendaraannya sehingga mendapat QR Code. 

Pertamina, lanjutnya, juga berupaya melakukan uji coba implementasi QR code khusus untuk kendaraan roda empat di Kabupaten Klungkung terhitung mulai bulan September pada Minggu ke-4. 

Lebih lanjut, untuk periode uji coba kewajiban transaksi Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dengan QR Code akan dibagi menjadi dua tahap yaitu: Tahap I masa transisi selama bulan Agustus dan September (implementasi FULL OR) dimana konsumen yang belum mendaftar akan tetap dilayani. 

"Adapun proses pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri melalui website subsiditepat.mypertamina.id atau melalui helpdesk di SPBU terdekat," sebutnya. 

Tahap II yakni masa implementasi transaksi sepenuhnya dengan menggunakan QR Code dimana konsumen yang tidak memiliki kode ini tidak akan dilayani sehingga konsumen didorong untuk segera melakukan pendaftaran kendaraannya. 

Lebih lanjut, rencana transaksi BBM JBKP menggunakan qrcode akan dilaksanakan secara serentak di wilayah Jamali (Jawa, Madura dan Bali) serta sebagian Provinsi di wilayah luar Jamali dengan total sejumlah 14 provinsi di antaranya; Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Provinsi Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Gorontalo.

Pihaknya meminta agar Pemkab Klungkung membantu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraannya dan mendapatkan QR Code . 

“Tujuan subsidi tepat Pertalite ini untuk melakukan pendataan sekaligus pencatatan pengguna serta volume dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mendukung transaksi Pertalite,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, mengingat program penyaluran BBM Subsidi tepat sasaran untuk produk Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Tertentu (JBT) Biosolar kepada masyarakat dengan menggunakan QR code, maka diperlukan adanya perluasan pelaksanaan program Subsidi Tepat untuk produk JBKP Pertalite.

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami