search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Curah Hujan Tinggi, Normalisasi Alur Sungai Jadi Solusi Antisipasi Banjir
Rabu, 26 Oktober 2022, 18:02 WITA Follow
image

Beritabali.com/ist/Curah Hujan Tinggi, Normalisasi Alur Sungai Jadi Solusi Antisipasi Banjir

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Tingginya intensitas hujan ditambah adanya dugaan pendangkalan dan penyempitan sejumlah alur sungai khususnya sungai yang bermuara di Gunung Agung menjadi pemicu bencana banjir dan air bah di Karangasem. 

Melihat kondisi tersebut, Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika memandang perlunya untuk segera dicarikan solusi dalam upaya mengantisipasi kejadian serupa, mengingat cuaca saat ini wilayah Kabupaten Karangasem masih berpotensi turun hujan.

"Harus dicarikan solusi, misalnya dengan melakukan normalisasi alur sungai, karena jika ada pendangkalan atau penyempitan tentunya bisa memicu banjir atau perubahan alur ketika ada material seperti batu, dan kayu menyumbat alur yang menyempit, " kata Suastika, Rabu (26/10/2022). 

Disisi lain, normalisasi alur sungai dipandang menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya berkaca dari beberapa kejadian seperti misalnya banjir yang menerjang rumah dan persawahan di Banjar Dinas Pegubugan, Desa Duda, Selat, Karangasem pada Selasa (25/10/2022). 

Salah satu faktor penyebab banjir di wilayah tersebut diduga karena adanya perubahan alur sungai dampak pendangkalan atau penyempitan alur sungai.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami