search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Damkartan Karangasem Bentuk Tim Relawan, Sasar 14 Desa
Rabu, 6 Juli 2022, 19:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Damkartan Karangasem Bentuk Tim Relawan, Sasar 14 Desa.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem membentuk Relawan Pemadam kebakaran gotong royong (Redkar-GR) di tingkat Desa.

Kadis Damkartan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah saat dikonfirmasi, Rabu (6/7/2022) menjelaskan, pembentukan Redkar-GR berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 364.1-360 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran.

Tujuannya untuk menciptakan sinergi antara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan bersama masyarakat, serta meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran, penyelamatan, dan membantu pencapaian mutu layanan SPM suburusan kebakaran.

"Kemarin di Desa Muncan, kita laksanakan sosialisasi serta pembentukan Redkar -GR, nanti kita secara bertahap akan bentuk di 14 Desa yang ada di Kabupaten Karangasem," ujar Siki Ngurah.

 

Ia berharap dengan terbentuknya Redkar - GR ini, nantinya sebagai perpanjangan pasukan Damkar di lapangan untuk asesment, penunjuk lokasi serta memberikan tindakan awal sebelum pasukan Damkar datang ke lokasi kejadian sehingga capaian layanan 15 menit respon time (SPM) bisa terpenuhi. 

"Ini sangat penting karena geografis kita dan jarak tempuh yang jauh dari pos. Hanya saja, karena keterbatasan anggaran, kita bentuk secara bertahap sesuai dengan data Desa rawan kebakaran, untuk fasilitas kita sudah usulkan APAR melalui BKK Provinsi dan Kedepannya kita akan usulkan juga APD melalui APBD tahun 2023," Imbuh Siki Ngurah.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami