search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Diam-Diam Kim Jong Un Sudah Siapkan Penggantinya
Rabu, 10 Mei 2023, 08:30 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Diam-Diam Kim Jong Un Sudah Siapkan Penggantinya

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Keluarga Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, selalu menjadi misteri. Ini dikarenakan Kim yang jarang menunjukan keluarganya di depan publik.

Namun baru-baru ini Kim mulai menunjukan foto terbaru dirinya dengan istrinya, Ri Sol Ju, dan putrinya, Kim Ju Ae. Foto baru itu menggambarkan ketiganya yang menghadiri perjamuan untuk merayakan peringatan 75 tahun Tentara Rakyat Korea di Pyongyang pada Februari lalu.

Pakar Korut Fyodor Tertitskiy percaya pengungkapan keberadaan Kim Ju Ae dirancang untuk mengirimkan pesan yang berbeda. Ada pesan untuk "audiens internasional dan yang lainnya untuk publik Korut".

Waktu pengenalan putri dan tempat pembukaan juga sangat simbolis. Ju Ae diketahui juga pernah muncul bergandengan tangan dengan ayahnya pada uji peluncuran rudal balistik di bulan November lalu.

"Pesan utamanya adalah (dia) seperti simbol kekuatan," kata penulis buku North Korea Before Kim Il Sung itu kepada Al Jazeera, Selasa (9/5/2023).

"Karena pertama kali dia muncul di dekat rudal, dan rudal mungkin adalah simbol terbesar militer Korea Utara," tambahnya.

"Idenya adalah, lihat betapa stabilnya kami. Tidak ada yang dapat menyerang kami karena kami memiliki misil ini," jelasnya lagi.

"... dan sistem kami dapat bertahan untuk generasi berikutnya," kata Tertitskiy. 

Ia pun membandingkan Ju Ae dengan 'putri mahkota' di kerajaan dunia, di mana yang menduduki posisi ini biasanya merupakan calon pewaris kerajaan. Namun Tertitskiy percaya bahwa putrinya belum "diurapi" sebagai penerus Kim.

Menurut Tertitskiy, Kim mungkin menunggu pendapat beberapa pihak tentang putrinya. Nantinya, berdasarkan umpan balik 'tidak resmi' itu mungkin ia akan membuat keputusan akhir berdasarkan apa yang didengar.

"Apa yang tampak tidak biasa adalah bahwa Kim masih relatif muda, namun dia tampaknya khawatir dengan siapa yang akan melanjutkan garis keturunan keluarga Kim. Masih terlalu dini baginya untuk khawatir tentang suksesi," tambahnya lagi.

Sementara itu, badan mata-mata Korea Selatan (Korsel), National Intelligence Service (NIS), melaporkan pada bulan Maret bahwa Ju Ae bersekolah di rumah. Ia disebutkan memiliki hobi menunggang kuda, bermain ski, dan berenang.

"Ju Ae diyakini memiliki seorang kakak laki-laki, mungkin penyandang disabilitas, dan seorang adik yang jenis kelaminnya tidak diketahui," NIS melaporkan.(sumber: cnbcindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami