search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dua SD di Karangasem Nihil Siswa Baru
Selasa, 18 Juli 2023, 18:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Dua SD di Karangasem Nihil Siswa Baru.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dua Sekolah Dasar (SD) di Karangasem tidak mendapatkan satu pun siswa baru pada tahun ajaran baru 2023/2024 ini.

Kedua sekolah dasar tersebut masing-masing diantaranya adalah SDN 10 Karangasem di Kecamatan Karangasem dan SDN 6 Muncan yang berada di Kecamatan Selat. 

Kepala Sekolah SDN 10 Karangasem, Desak Putu Ariati saat dihubungi membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya salah satu faktor penyebab nihilnya siswa baru di SDN 10 Karangasem adalah terlalu mepetnya sekolah, ditambah sekolah hanya didukung wilayah Banjar Belong saja. 

“Kebetulan di wilayah Belong tidak ada anak usia SD tahun ini, sehingga tidak ada yang mendaftar. Sementara tahun lalu kami hanya dapat siswa 6 orang yang sekarang kelas II, kelas III sebanyak 5 orang siswa, kelas IV sebanyak 12 orang, kelas V sebanyak 11 orang dan kelas VI sebanyak 9 orang siswa,” ujar Desak Putu Ariati pada Selasa (18/7/2023).

Kondisi yang sama juga terjadi di SD Negeri 6 Muncan. Sekolah tersebut sama – sama didukung oleh satu wilayah satu banjar saja yaitu Banjar Dinas Yang Api. Sempat ada dua orang yang mendaftar di sekolah tersebut, namun karena sepi tidak ada yang siswa lain yang mendaftar sehingga akhirnya tidak jadi dan memilih pindah ke sekolah lain.

“Karena pendukungnya hanya 1 banjar, tahun lalu kami hanya dapat 5 orang siswa saja, ini jumlah siswa tergantung anak–anak dari banjar ini saja karena tidak ada yang lain masuk kesini. Terlebih banyak keluarga yang merantau sehingga termasuk anak–anaknya juga ikut merantau dan bersekolah di luar Karangasem,” kata Kepala SD Negeri 6 Muncan, Ni Gusti Agung Putu Widiastuti.

Sementara itu, terkait kondisi kedua SD tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutrisna belum bisa dihubungi untuk menanyakan solusi yang akan diberikan oleh pihak Dinas sendiri.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami