News

Dua Warga Karangasem Masih Dirawat di RS Positif Meningitis

 Senin, 03 Juni 2024, 17:28 WITA

beritabali/ist/Dua Warga Karangasem Masih Dirawat di RS Positif Meningitis.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Karangasem akhirnya mengungkapkan hasil pemeriksaan terhadap pasien yang dicurigai terinfeksi meningitis usai menyantap olahan daging babi mentah di wilayah Bebandem, Karangasem beberapa waktu lalu. 

Dikonfirmasi Senin (3/6/2024), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama mengungkapkan bahwa, sesuai dengan hasil pemeriksaan diperoleh, bahwa pasien dinyatakan positif meningitis

"Ya hasilnya positif, terisolasi bakteri streptocuccus suis signifikan sebagai agen penyebab infeksi," terang Putra Pertama. 

Sampai saat ini, dari belasan warga di wilayah Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem yang sebelumnya sempat mengalami keluhan dengan gejala mengarah ke Meningitis, masih tersisa dua orang yang menjalani perawatan di Rumah Sakit, dimana satu diantaranya dirawat RSUP Prof Ngoerah (Sanglah). 

Diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem langsung turun menindaklanjuti adanya laporan keluhan yang mengarah Meningitis tersebut.

Dinas Kesehatan Karangasem kemudian langsung melakukan penyelidikan epidemiologi dan mencari penyebabnya. Saat itu, dari hasil pelacakan memang ditemukan belasan masyarakat yang mengeluh dengan gejala yang sama seperti demam serta sakit di leher atau kaku kuduk akibat dugaan adanya peradangan di selaput otak. 

Kecurigaan itu semakin menguat karena kebetulan dari klaster tersebut ada riwayat mengonsumsi jenis makanan yang sama, seperti olahan daging babi yang belum matang sehingga kemungkinan sumber kasus berasal dari sana.

Penulis : bbn/krs

Editor : Robby



Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending