search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mahasiswa UGM Gelar Operasi Katarak Gratis di Desa Meliling
Rabu, 3 Agustus 2022, 17:44 WITA Follow
image

beritabali/ist/Mahasiswa UGM Gelar Operasi Katarak Gratis di Desa Meliling.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis dilaksanakan di wantilan Desa Meliling, Kerambitan, Tabanan, Bali oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) bekerja sama dengan Kagama Bali dan Yayasan John Fawcett Foundation (JFF), Selasa (2/8/2022). 

Sebanyak 14 anggota KKN-PPM UGM yang dipimpin oleh Satriyo Wicaksono selaku ketua panitia acara, berupaya memberikan manfaat yang besar dalam 50 hari masa pengabdiannya di Desa Meliling, Kerambitan, Tabanan, Bali. 

Kegiatan Pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis merupakan program kerja terbesar tim KKN-PPM UGM di Desa Meliling, dengan target 200 orang pemeriksaan mata dan 15 orang operasi katarak.

“Ternyata terdapat 249 warga yang datang dan memeriksakan kondisi matanya. Warga yang mengalami masalah penglihatan baik itu min, plus ataupun silinder diberikan bantuan berupa kacamata gratis. Ditemukan 10 masyarakat yang mengidap katarak dan akan dioperasi pada saat itu pula,” Jelas Atikah Fauziyah, Sie Acara. 

Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme warga untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis cukup tinggi. 
Masyarakat merasa terbantu dengan adanya program kerja yang diusung oleh Tim KKN-PPM UGM di Desa Meliling. Atas bantuan dan kerjasama dari Kagama Bali dan Yayasan John Fawcett Foundation (JFF). 

Mahasiswa KKN-PPM UGM berhasil membantu masyarakat mengetahui tingkat kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit katarak yang dapat memicu kebutaan. 

Atas rasa kepedulian mahasiswa KKN-PPM UGM terhadap kesehatan mata warga Desa Meliling, kegiatan ini menjadi program kerja terbesar yang diusung oleh 14 anggota mahasiswa KKN-PPM UGM di Desa Meliling. 

“Harapannya, kegiatan ini dapat membantu memberdayakan kesehatan masyarakat Desa Meliling melalui pemeriksaan kesehatan mata secara gratis, sehingga masyarakat dapat mengetahui tingkat kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit katarak yang dapat memicu kebutaan,” ungkap Gita Dewi Nawangwulan, koordinator lapangan KKN-PPM UGM di Desa Meliling.

Masyarakat memiliki antusias tinggi untuk mengikuti pemeriksaan mata dan operasi katarak yang dilakukan di Wantilan Desa Meliling. 
Kebanyakan masyarakat yang hadir adalah masyarakat lanjut usia yang mengalami gangguan penglihatan, terutama mereka yang selama ini menderita katarak namun tidak dapat melakukan operasi karena masalah ekonomi.  Tingginya antusiasme tersebut terbukti dari pasien pemeriksaan mata yang melebihi target awal.

Satriyo Wicaksono selaku ketua panitia acara mengungkapkan bahwa target dalam kegiatan ini sebanyak 200 orang pemeriksaan kesehatan mata dan 15 orang operasi katarak, dari target tersebut terdapat 249 warga yang datang dan memeriksakan kondisi matanya. 

Warga yang mengalami masalah penglihatan baik min, plus ataupun silinder diberikan bantuan berupa kacamata-baca gratis, sedangkan masyarakat yang mengidap katarak langsung dioperasi di dalam bis operasi pihak JFF.
 
Theresia Ivone (83 tahun), salah satu peserta operasi katarak mengungkapkan rasa terimakasih kepada Tim Mahasiswa KKN-PPM atas diadakannya program ini, dengan pelaksanaan dan pelayanannya yang sudah bagus dan sangat steril, baik dalam proses pendaftaran hingga operasi. 

Ia berharap kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini akan diadakan lagi kedepannya. Kegiatan ini merupakan wujud pengabdian mahasiswa KKN-PPM UGM kepada masyarakat Desa Meliling secara langsung, dengan harapan dapat membantu masyarakat mengetahui tingkat kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit katarak yang dapat memicu kebutaan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami