search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasien Gangguan Jiwa di Puskesmas Dawan I Diajak Yoga Hingga Membuat Dupa
Sabtu, 17 Desember 2022, 19:38 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pasien Gangguan Jiwa di Puskesmas Dawan I Diajak Yoga Hingga Membuat Dupa.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang menjadi kewajiban dosen. 

Pengabdian dengan bertema “Pemberdayaan Pasien dengan Gangguan Jiwa di Wilayah Kerja Puskesmas Dawan I” ini dilaksanakan oleh 3 orang staf Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa yaitu dr. Ni Wayan Widhidewi, M.Biomed, dr. Arya Suryanditha, M.Si, dr. AA Sagung Putri Permana Lestari MP, M.Biomed, Sp.KJ serta satu orang tim dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa yaitu Made Surya Pramana, S.A, M.M. 

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas pasien-pasien dengan gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Dawan I, Kabupaten Klungkung. Pengabdian dilakukan pada hari Sabtu, 03 Desember 2022 di kantor Perbekel Desa Kusamba, dengan melibatkan kader desa siaga, bidan desa, serta pemegang program kesehatan jiwa Puskesmas Dawan I. 

Pasien-pasien dengan gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Dawan I, khususnya di Desa Kusamba selama ini kurang mendapatkan perhatian. Mereka selama ini dibuatkan kegiatan 1 kali dalam sebulan di kantor desa untuk mengisi waktu serta melatih mereka agar tetap dapat produktif dari rumah. 

Kegiatan yang dilakukan meliputi senam, yoga, membuat sarana upakara yang digunakan sehari-hari, pelatihan pembuatan dupa, serta seni melipat kertas (origami). Alat dan bahan yang digunakan berasal dari dana mandiri kader desa, bidan desa serta pemegang program kesehatan jiwa. 

Dari total 21 pasien jiwa di Desa Kusamba, yang rutin hadir dalam kegiatan ini sebanyak 6-8 pasien. Pengabdian ini diisi dengan pemberian materi terkait upaya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan gangguan jiwa, serta strategi pemasaran hasil-hasil karya para pasien jiwa. 

Bantuan yang diberikan berupa alat dan bahan untuk membuat upakara yaitu pisau, staples dan isi staples.

Editor: Robby

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami