search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
RCTI-ANTV Belum Matikan TV Analog, Ini Kata Kominfo
Kamis, 3 November 2022, 14:58 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/RCTI-ANTV Belum Matikan TV Analog, Ini Kata Kominfo

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate meminta sejumlah stasiun TV swasta untuk segera mematikan TV analog dan menggantinya ke TV digital.

"Saya memperhatikan secara teknis tidak semua di sebelah kanan saya mati. Tapi di sebelah kiri saya hidup. Sebelah kanan adalah televisi analog, dan sebelah kiri adalah televisi digital," kata Plate dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Kamis (3/11/2022) dini hari.

Berdasarkan pantauan Suara.com di acara tersebut, lokasi itu menampilkan berbagai kanal TV seperti RCTI, RTV, Metro TV, SCTV, Trans TV, TVRI, dan TV One.

Sejumlah kanal itu dibagi dalam dua sisi, yang mana bagian kiri dari peserta adalah versi siaran TV analog. Sedangkan bagian kanan adalah versi siaran TV Digital.

Terlihat kalau RCTI jadi satu-satunya siaran TV yang masih menampilkan siaran versi TV analog.

Berbeda dengan saluran lainnya yang sudah tidak memperlihatkan apapun karena telah beralih ke versi siaran TV digital.

"Saya tentu berharap kerjasamanya, dan saya minta kepada pejabat terkait yang berwenang, termasuk tim lapangan, untuk melakukan diskusi pembicaraan yang baik dan menyelesaikannya dengan baik," papar Plate.

Dia mengutarakan, penghentian siaran TV Analog ke TV Digital (ASO) ini dilakukan demi kepentingan industri pertelevisian nasional hingga kepentingan layanan bagi masyarakat Indonesia.

"Sekali lagi kepada seluruh pejabat, baik pejabat dari Bareskrim Polri maupun dari Kominfo untuk melakukan pendekatan-pendekatan lapangan yang penuh keakraban dan persaudaraan agar secara teknis bisa dilaksanakan dengan baik," tukas dia.

Seperti diwartakan sebelumnya, pada Kamis pagi stasiun TV ANTV milik konglomerat Bakrie dan empat stasiun TV MNC Group milik taipan media Hary Tanoe, yakni RCTI, MNCTV, GTV dan iNews masih bersiaran analog.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami