search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Saluran Irigasi Tertimbun Longsor, Petani Desa Sidan Tak Dapat Air
Selasa, 12 Desember 2023, 14:13 WITA Follow
image

beritabali/ist/Saluran Irigasi Tertimbun Longsor, Petani Desa Sidan Tak Dapat Air.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Petani Subak Labak, Desa Sidan, Gianyar, sejak tiga hari ini tidak mendapatkan air. Sebab, saluran irigasi tertimbun longsor dari beton yang jebol.

Pekaseh Subak Labak Dewa Putu Eka Pramana sudah melapor ke pihak terkait. Sayangnya, petugas terkait belum memberikan respons. "Kami sudah lapor, tapi belum ada bantuan penanganan," ujar dia, Selasa (12/12/2023).

Dikatakan bahwa petani tidak berani mengeruk meterial longsor. "Kami takut ada longsor susulan," jelas dia.

Bahkan, petani tidak paham soal mitigasi bencana. "Kami tidak tahu kalau kerja bakti, mulai dari mana, kami takut yang di atas jatuh," jelasnya.

Dia sangat mengharapkan tindakan dari pihak-pihak terkait agar saluran irigasi dapat digunakan lagi. "Saya mewakili petani Subak Labak sangat mengharapkan bantuan pembersihan dan perbaikan sehingga petani dapat mengolah lahan," harap dia.

Sebelumnya, saluran irigasi Subak Labak tertutup longsoran tanah dan material senderan yang jebol akibat hujan deras. Material longsoran dengan volume cukup banyak menyulitkan untuk evakuasi manual. "Kami sudah laporkan kejadian ini, kami diimbau berkoordinasi dengan warga," ungkap Dewa Eka Pratama. 

Memasuki musim tanam dipastikan akan sangat  menghambat aktivitas petani yang mengandalkan air dari saluran irigasi.

Di bagian lain, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar Gusti Ngurah Dibya Presasta membenarkan laporan tersebut. "Kami harapkan dari warga melakukan koordinasi dulu terutama dengan pemilik lahan di atas (lahan longsor)," tutup dia singkat.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami