search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
TGB Maju Caleg DPR Dapil Pulau Lombok
Jumat, 14 Oktober 2022, 22:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/TGB Maju Caleg DPR Dapil Pulau Lombok.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Ketua Harian Nasional DPP Perindo, Tuan Guru Bajang atau akrab disapa TGB M Zainul Majdi menyampaikan kemungkinan besar akan maju mencalonkan diri sebagai Calon Anggota DPR RI Dapil Pulau Lombok/NTB 2 pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Hal itu disampaikan TGB di acara podcast bersama Dahkan Iskan, yang ditayangkan Rabu (12/10) lalu. Dalam podcast dengan mantan Menteri BUMN tersebut, TGB secara eksplisit menyampaikan niat untuk maju pada Pileg 2024 mendatang.

“Tuan Guru ini pernah jadi Anggota DPR RI, pernah jadi Gubernur, dan lengkap sekali. Apakah sebagai Ketua Harian DPP Perindo, tuan guru akan maju nyaleg?” tanya Dahlan Iskan, dikutip Radar Lombok.

Menjawab pertanyaan tersebut, TGB mengatakan, kemungkinan besar dirinya akan maju mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI Dapil Pulau Lombok. Pasalnya, Partai Perindo ditargetkan harus bisa memenuhi Parliament Threshold (PT) 4 persen. Sehingga dengan pencalonan dirinya tersebut, diharapkan bisa menjadi vote getter Perindo untuk bisa memenuhi PT tersebut.

“Kemungkinan besar akan nyaleg di Dapil Pulau Lombok. Walau belum 100 persen. Karena ada istilah vote getter. Jadi harus masuk,” ucap mantan Gubernur NTB dua periode tersebut.

Lebih lanjut, TGB mengatakan, bahwa Partai Perindo mematok target cukup tinggi pada Pileg 2024 yakni 60 kursi di DPR RI. Sebab itu, pihaknya bekerja sekuat tenaga dengan segala sumber daya yang dimiliki, untuk bisa memenuhi target. Sehingga Partai Perindo tentu akan berupaya mencalonkan tokoh-tokoh kredibel dan punya elektabilitas.

“Saya pikir semua parpol tentu ingin mencalonkan tokoh yang terbaik dan kredibel. Tokoh yang dalam tanda kutip, ke mana pun berlabuh dia sudah membawa konstituen,” tandasnya.

Sementara itu, Pengamat Politik UIN Mataram, DR Ihsan Hamid melihat dengan kemungkinan maju TGB sebagai caleg DPR RI dapil Pulau Lombok, maka kakak kandungnya Syamsul Lutfi tidak akan maju mencalonkan diri lagi untuk DPR RI. 

Pasalnya, Syamsul Lutfi pasti menyadari tidak akan bisa bersaing dengan TGB merebut dukungan jemaah NWDI untuk kursi Senayan. Terlepas dari kemungkinan, Syamsul Lutfi tetap bertahan di Partai NasDem atau memilih ikut bergabung ke Perindo. 

“Yang paling realistis bagi Syamsul Lutfi adalah maju sebagai Anggota DPD RI. Dengan begitu, Syamsul Lutfi bisa meraih dukungan jemaah NWDI,” tandasnya.

Ihsan menyakini, bila TGB benar-benar maju di Pileg, maka kemungkinan besar TGB akan mampu meraih kursi di Dapil Pulau Lombok untuk DPR RI. Tinggal persoalannya, apakah Partai Perindo bisa memenuhi PT 4 persen sehingga bisa mengantarkan calegnya duduk di Senayan. 

“Saya yakin TGB akan meraih kursi di Dapil Pulau Lombok. Tinggal persoalan di partai, bisa tembus PT atau tidak,” lugasnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami