search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Waspada Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter di Pantai Denpasar, Tabanan, dan Badung
Senin, 22 Mei 2023, 13:30 WITA Follow
image

bbn/dok beritabali/Waspada Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter di Pantai Denpasar, Tabanan, dan Badung.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Masyarakat termasuk nelayan dan wisatawan diimbau untuk waspada potensi tinggi gelombang laut hingga 2,5 meter di sejumlah pantai wisata Bali.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) untuk periode 21-22 Mei 2023, objek wisata pantai di Denpasar, Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Badung berpeluang memiliki ketinggian gelombang laut sekitar 2-2,5 meter.

Selain itu, di Nusa Dua, Kabupaten Badung Bali diprediksi ketinggian gelombang laut mencapai hingga 2,5 meter dengan perkiraan hujan ringan pada 21 Mei 2023, antara pukul 14.00-20.00 WITA dan selebihnya cerah berawan.

Ketinggian gelombang laut di Kuta, Kabupaten Badung juga tergolong tinggi hingga dua meter dengan perkiraan hujan ringan pada 21 Mei 2023 antara pukul 14.00-20.00 WITA dan sisanya cerah berawan.

Kemudian di kawasan Sanur di Denpasar dan Tanah Lot di Kabupaten Tabanan diprediksi memiliki ketinggian gelombang laut hingga dua meter dengan perkiraan cuaca cerah berawan.

Adapun kecepatan angin di Bali diprediksi hingga 40 kilometer per jam atau sekitar 21,5 knot yang bertiup dari arah timur-tenggara.

“Kami imbau perhatikan informasi BMKG, khususnya peringatan dini cuaca dan iklim ekstrem,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, ditulis Minggu, 21 Mei 2023.

BMKG menyebutkan kondisi cuaca itu disebabkan oleh suhu muka laut wilayah Bali berkisar 26-30 derajat Celsius. Selain itu, massa udara terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 700 milibar atau 3.000 meter.

Sementara itu, ketinggian gelombang di perairan utara Bali diprediksi hingga dua meter, selatan Bali diprediksi hingga 3,5 meter, Selat Bali dan Selat Lombok diprediksi hingga tiga meter.

Pusat Meteorologi Maritim BMKG menyatakan kondisi angin dan gelombang laut yang berisiko tinggi terhadap keselamatan berlayar, yakni perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Adapun kapal tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. (sumber: liputan6.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami